Gus Yusuf Berharap Polri Tidak Berhenti Berbenah   

0
419
Gus Yusuf bersama Kapolri

MAGELANG, Suaranahdliyin.com – Pengasuh Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang, Jawa Tengah, KH M Yusuf Chudlori mengapresiasi kinerja Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang dari tahun ke tahun dinilai terus menunjukkan peningkatan yang baik.

Menurut kiai yang akrab disapa Gus Yusuf ini, Polri di usianya yang ke-77, semakin menunjukkan kinerjanya yang baik dalam melayani dan melindungi masyarakat. Dikatakannya, Polri memang menunjukkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat dalam menjalankan tugas melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

“Tugas ini memang tidak mudah. Perlu komitmen kuat untuk benar-benar menjadi Bhayangkara sejati, yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa dan Negara untuk kemajuan Indonesia,” ujarnya usai menghadiri upacara HUT ke-77 Bhayangkara di Kota Magelang, baru-baru ini.

Pada Desember 2022 lalu, ungkapnya, Indikator Politik menyebutkan, tingkat kepercayaan publik kepada Polri sebesar 70,4%. Angka itu meningkat pada Februari 2023 sebesar 70,8%, kemudian pada April 2023 sebesar 73,2%.

Namun demikian, Ketua DPW PKB Jateng ini juga mengingatkan bahwa kepercayaan kepada Polri akan terus diuji. Sebab, masyarakat juga bisa melakukan pengawasan dengan cerdas. “Sekarang ini segala sesuatu bisa direkam, bisa disebarluaskan. Gerak-gerik kita sekecil apapun tidak bisa ditutup-tutupi lagi. Ini menjadi salah satu ujian bagi Polri,” tuturnya.

Dari sisi penegakan hukum, Gus Yusuf juga menegaskan, Polri ke depan harus semakin profesional. “Polri sudah teruji dalam menegakkan hukum, jangan sampai ada persepsi tumpul ke atas, tajam ke bawah,” tandasnya.

Gus Yusuf bersyukur, jajaran Polda maupun Polres di Jawa Tengah sering bersinergi dengan pondok pesantren. Hal itu bisa semakin memperkuat dan memperbaiki situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Ini merupakan sinergi yang sangat baik. Karena tugas menjaga Kamtibmas tak hanya oleh Polri semata. Namun juga perlu peran berbagai pihak. Jika Kamtibmas kondusif, pendidikan bisa berjalan, ibadah kita bisa khusuk, tradisi-tradisi keagamaan juga bisa berjalan, serta bisa memulai recovery ekonomi dengan baik. Apalagi ini menjelang Pemilu,” terangnya

Dari semua prestasi itu, Gus Yusuf berharap Polri tidak berhenti berbenah. “Berbenah ini harus terus dilakukan, sehingga kinerja meningkat. Tentu ini menjadi bagian agar Polri menjadi institusi yang dekat dan dicintai masyarakat,” katanya.

Sementara itu, dalam upacara HUT Bhayangkara di Kota Magelang, dipimpin Kapolres Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang. HUT dihiasi acara tarian sluku-sluku bathok dari para penari yang datang dari sejumlah komunitas masyarakat, pelajar, TNI dan Polri.

Hadir pada kesempatan itu sejumlah tokoh, antara lain KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Gus Yusuf, Sujiwo Tejo, Butet Kertaredjasa, Nasirun, Oei Hong Djien (OHD), Inayah Wahid dan juga Ulil Abshar Abdalla. (rls/ ros, rid, adb)

Comments