Haul ke-28 Nyai Shofiah Syahid
Gus Yahya Ingatkan Pentingnya Rasa Syukur Seperti Kiai Syahid

0
121
Ketum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf menyampaikan tausiyah dalam acara Haul ke 22 Nyai Shofiah Syahid Kemadu

REMBANG, Suaranahdliyin.com – Ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Tsaquf menjelaskan tentang pentingnya rasa syukur sebagaimana dicontohkan Kiai Syahid (pendiri pondok pesantren Alhamdulillah Kemadu Rembang).

Hal tersebut disampaikan KH. Yahya Cholil Tsaquf (Gus Yahya) dalam tausyiahnya di acara HalalbiHalal dan Haul ke-28 Nyai Shofiah Syahid (istri almarhum Kiai Syahid) di Pondok Pesantren Alhamdulillah Kemadu Rembang, pekan lalu.

“Makhluk Allah itu ada benda mati, contoh batu. Mahkluk Tuhan selanjutnya namanya tanaman, tanaman di Kemadu itu berkah sekali karena tanaman itu menyampaikan rasa syukur atas bentuk yang menanamnya yaitu Kiai Syahid Allahu Yarham,”ujarnya.

Pengasuh pesantren Raudlatuth Thalibin Leteh Rembang ini  menambahkan, manusia diciptakan sempurna sehingga pengungkapan rasa syukur bisa dirasakan dalam bentuk pikiran.

“Seperti halnya binatang bisa mengekspresikan rasa syukur tapi tidak sempurna, kita manusia diciptakan Allah dengan sempurna harusnya ekspresi syukur kita lebih dalam dengan bentuk ucapan Alhamdulillahi rabbil alamin,”imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Kiai Syahid di kalangan santri, alumni, masyarakat sekitar, dan beberapa kerabatnya merupakan sosok teladan yang memberikan contoh pemaknaan hidup yang sederhana, apa adanya, dan bersahaja dengan tanpa jumawa dan selalu legawa di setiap kejadian dan keadaan yang terjadi dalam kehidupan.

Semasa hidupnya, Mbah Syahid tak pernah lepas dari kata ‘Alhamdulillah’ dalam setiap aktivitasnya. Setiap sesuatu apapun yang kita dapatkan adalah nikmat dari Gusti Allah, begitu kira-kira prinsip hidup beliau.(waliyuddin/adb)

Comments