Gus Bab: Seorang Muslim Mesti Peduli Sesama

0
698
KH. M. Ulil Albab Arwani menyampaikan pesan-pesan kepada jamaah dalam sambutannya

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kudus, KH. M. Ulil Albab Arwani, menegaskan, bahwa sudah semestinya setiap Muslim memiliki rasa peduli terhadap sesama.

Demikian itu disampaikan di depan jamaah yang hadir dalam Haflah Maulidurrasul dan Santunan Marbot Masjid se-Kabupaten Kudus oleh NU Care-LAZISNU Kudus di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (29/11/19) malam.

Mula-mula Kiai kharismatik Kudus ini menjelaskan tiga syarat menjadi orang bertakwa. Gus Bab –sapaan akrabnya- mengutip QS. Al-Baqarah 1-5 bahwa syarat orang takwa pertama yaitu yang beriman kepada barang ghaib.

“Kedua harus salat, harus selalu berhubungan dengan Sang Khaliq. Kita harus selalu beribadah, utamanya salat. Dan ketiga adalah orang yang mau berinfaq. Artinya memiliki kepedulian terhadap sesama,” jelasnya.

Pengasuh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an (PTYQ) ini menyebutkan, faedah sedekah (infaq) ini besar balasannya. Di antaranya dilipatgandakan dengan jumlah yang sangat banyak, menyembuhkan penyakit dan menolak ghadlab-nya Allah.

“Jadi kalau semuanya mau berinfaq, maka akan dilipatgandakan hartanya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadi sangat banyak (berlipat ganda, red). Kalau misalnya sakit, juga bisa sembuh,” jelasnya.

Termasuk kepedulian, Gus Bab menambahkan, yakni dengan merawat masjid yang notabene adalah ‘’rumah’’ Allah. Putra KH. M. Arwani Amin tersebut pun berpesan, supaya para marbot masjid ikhlas dalam menunaikan tugasnya menjaga masjid.

“Kami mohonkan supaya (para marbot masjid) benar-benar ikhlas dalam menjaga masjid. Utamanya, dalam menjaga kebersihannya, merapikannya, dan menjaga keamanannya. Nanti Allah yang akan membalasnya,” terangnya.

Gus Bab juga mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir supaya ikhlas dalam beramal, utamanya sedekah dan infaq. Dengan itu, semoga kita termasuk sebagai hamba yang bertakwa, sebab peduli sesama.

“Besaran (sedekah/ infaq) tidak masalah. Asalkan dilakukan dengan keikhlasan, Allah yang akan membalasnya (dengan pahala),” katanya. (rid, mail, gie/ros, adb)

Comments