GP Ansor – Banser Jateng Dirikan 336 Posko Mudik

0
379
  • Bakti GP Ansor dan Banser untuk Negeri
Muchtar Makmun, Komandan Satkorwil Banser Jateng

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Dedikasi GP. Ansor dan Banser dalam perannya membangun dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memang tidak perlu diragukan. Organasasi di bawah ‘’naungan’’ Nahdlatul Ulama (NU) itu, senantiasa mengambil peran penting dalam berbagai sektor.

Dalam membantu kelancaran dan keamanan mudik Lebaran, organisasi itu tak ketinggalan, tak terkecuali di Jateng. Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser Jateng, pada 2019 membuat posko mudik di sejumlah daerah. Tak kurang 336 posko berdiri di kabupaten dan kota di Jateng.

‘’Ratusan 336 posko itu melibatkan sebanyak 1.680 personel yang dibagi dalam tiga shift selama 24 jam,’’ terang Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah, Sholahudin Aly dalam siaran pers-nya, Sabtu (1/6/2019).

Menurut Gus Sholah –sapaan akrabnya- pada posko-posko mudik Banser, dilengkapi sejumlah fasilitas, di antaranya tempat parkir yang aman, tempat istirahat, tempat shalat, pijat gratis, tolilet, P3K, dan informasi jalur mudik serta jalur alternatif.

‘’Lokasi posko berada di jalur-jalur utama arus mudik 2019, baik di wilayah Jalur Pantura, jalur Selatan, dan jalur Tengah. Ini untuk membantu masyarakat yang tengah mudik ke kampung halaman,’’ ujarnya. ‘’Posko Mudik Banser 2019 berlangsung mulai H-7 hingga H+7 Lebaran selama 24 jam,’’ lanjutnya menambahkan.

Kasatkorwil Banser Jawa Tengah, Muchtar Makmun, mengemukakan, selain posko mudik, jajaran Banser juga menyediakan posko patroli yang ditempatkan di titik-titik rawan kecelakaan, rawan kejahatan, dan kemacetan.

“Posko patroli ini bertugas membantu pertolongan pertama jika ada kecelakaan, serta koordinasi dengan Polisi Lalulintas dan Dinas Perhubungan kabupaten/ kota setempat jika ada gangguan lalu lintas. Banser siap membantu aparat hukum jika dibutuhkan,” tegasnya.

Naga Bonar -sapaan akrab Komandan Satkorwil Banser Jateng- itu mengutarakan, para personel yang diterjunkan di Posko mudik Banser 2019, adalah yang memiliki keahlian di bidangnya, seperti Banser Lalu Lintas (Balantas) dan Banser Tanggap Bencana (Bagana).

Ditambahkannya, pihaknya juga menyiapkan call center dan saluran informasi lain untuk membantu pemudik. Yakni 0813-3446-3455 (Mucktar Makmun), 0856-0068-1204 (Nuris), atau 0812-4124-187 (Gus Shidqon). E-mail: ansorcybermedia@gmail.com, twitter: @ansorcybermedia, Instagram: @pwansorjateng, Facebook: @GP Ansor Jateng. (Tim Liputan Mudik Lebaran 2019)

Comments