FK Metra Kudus Lakukan Take Video Pertunjukan Kolaborasi Multidisiplin Seni

0
307
Pertunjukan Warta Emprit Ganthil di Kampung Budaya Piji Wetan

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Kudus melakukan take video pertunjukan multidisiplin seni bertajuk “Warta Emprit Ganthil.” Menggandeng kerjasama dengan Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan dan Diskominfo Kabupaten Kudus, kegiatan ini berlangsung di Panggung Ngepringan Dukuh Piji Wetan, Lau, Dawe, Kudus, Jumat malam (17/06/2022).

Ketua FK Metra Kudus, Muhammad Zaini, mengatakan pengambilan video ini merupakan bentuk kolaborasi dari berbagai multidisiplin seni. FK Metra menggandeng berbagai elemen untuk menampilkan pertunjukan yang memadukan antara folklor tradisional dengan kesenian kontemporer. Di antaranya Sanggar Seni Ciptoning Asri, Teater Dewa Ruji, Teater Apotek, Kacang Tolo dan Seni Tutur Tsummakala.

Ia juga menjelaskan, konsep pertunjukan FK Metra kali ini memang mengusung tradisi dengan isu-isu folklore yang berkembang saat ini di dukuh Piji Wetan yaitu tentang Emprit Ganthil.

“Banyak orang yang menganggap bahwa Emprit Ganthil adalah pembawa mala petaka atau pagebluk, padahal itu (Emprit Ganthil, red) sama-sama makhluk Gusti Allah,” kata Zaini saat ditemui, Jumat (17/06/2022).

Pengambilan video berdurasi 30 menit ini juga disupport oleh Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan dan Diskominfo Kabupaten Kudus. Tak hanya ditampilkan secara online, FK Metra merencanakan untuk mementaskan pertujukan Warta Emprit Ganthil secara offline dengan durasi yang lebih lama.

“Malam Selasa akan ada pentas offline di dukuh Pranak. Kemudian berturut-turut dilakukan di desa Terban, Menawan, Purwodadi, dan Rahtawu,” terangnya.

Harapannya, Pementasan tersebut dapat memunculkan folklor-folklor selain Emprit Ganthil di daerah lain supaya dapat dikreasikan menjadi pertunjukan seni.

“Supaya folklor yang ada di Kudus bisa digali sehingga bisa menjadi sesuatu yang menarik,” tandasnya.

Sementara, dihubungi terpisah, Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Kabupaten Kudus, Ery Rahayu turut mengapresiasi dan mendukung upaya FK Metra Kudus dalam memajukan kesenian di Kudus.

“Semoga, melalui pentas FK Metra ini program-program pemerintah dapat tersosialisasikan kepada masyarakat dengan baik,” harapnya. (sim/adb, rid) 

Comments