Ini Kunci Selesaikan Skripsi Menurut Dosen IAIN Kudus

0
460
Dua dosen IAIN Kudus Miftahul Huda (kiri) dan Amin Nasir (kanan) menyampaikan bekal penulisan skripsi di Gedung Perpustakaan lantai 4 IAIN Kudus

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Dalam rangka pembekalan penulisan karya tulis ilmiah, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kudus mengadakan Klinik Skripsi, di Aula lantai 4 Perpustakaan Kampus setempat, Jum’at (17/6/2022).

Kegiatan yang dikhususkan untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab semester 6 ini menghadirkan dua pemateri, Plt. Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab, Amin Nasir dan Dosen Pendidikan Bahasa Arab, Miftahul Huda.

Dalam paparannya, Amin Nasir menjelaskan langkah-langkah dalam mendesain penelitian dimulai dari menentukan topik penelitian sesuai minat, menemukan masalah, kemudian mengumpulkan teori. Ia menegaskan pentingnya koleksi referensi untuk memudahkan penulisan skripsi.

“Tidak ada kata sulit, asal mau kumpulkan data dan paham metodologi”tegas Amin, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Miftahul Huda menambahkan dalam mengumpulkan referensi bisa dengan cara mapping (pemetaan). Dan seorang peneliti harus punya rasa keingintahuan terhadap topik yang sedang diteliti.

“Giatlah membaca referensi”imbuhnya.

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa kunci berhasil dalam skripsi yakni memulainya, kemudian kontinu (berkelanjutan) dalam mengerjakan.

“Yang penting dikerjakan, rajin bimbingan”tandas Huda.(Dina/adb)

Comments