Pesantren Ramadan
Di SMAN 1 Brebes, Santri Putri Pesantren Lirboyo Ajarkan Ubudiyah

0
501
Pelajar SMAN 1 Brebes shalat berjamaah dalam pesantren Ramadan

BREBES,Suaranahdliyin.com – Saat diundang mengisi Pesantren Ramadan SMAN 1 Brebes, para santri senior Pondok Pesantren Salaf Lirboyomerespon positif. Dalam acara selama empat hari (10-14/4/2023), mereka mengajarkan tentang ubudiyah mulai sholat duha bersama, kuliah duha, pendalaman ilmu agama Islam dan sholat duhur berjamaah kepada pelajar SMAN 1 Brebes.

Menurut Mbak Najma dari Pondok Pesantren Putri Lirboyo Jawa Timur, mendampingi pelajar dalam Pesantren Ramadan ini sebagai bagian amanah menyampaikan pesan agama. Karenanya, ia bersama santri lainnya bergerak untuk berbagi pengetahuan kepada pelajar pada lembaga pendidikan formal.

“Jam pelajaran untuk mapel agama Islam sangat minim, sehingga untuk sampai pada pemahaman yang berkelanjutan membutuhkan ruang lain untuk belajar.”ujarnya.

BACA JUGA : SMAN 1 Brebes Hadirkan Santri Senior Pondok Pesantren Salaf Ternama

Melalui pesantren Ramadan, ungkap Najma, siswa-siswi SMAN 1 Brebes bisa belajar dan praktek beribadah sesuai dengan keilmuan yang bersumber dari leterasi Pesantren.

“Hal ini sangat penting, karena dalam hal ibadah harus mengikuti standar keilmuan, yakni ilmu Fiqih.”tandasnya.

Santri Senior dari Pondok Pesantren Putri Lirboyo bersama dengan alumni serta beberapa santri Putri dari Pesantren Sarang dan Buntet merasa terpanggil untuk mendakwahkan Islam atau nasrul ilmu ( menyebarkan pengetahun agama Islam ) pada lembaga pendidikan formal.

“Sehingga pelajar dalam beragama, beribadah dan berakhlak dengan nilai nilai Islam rahmatan lil alamiin atau Islam yang moderat,”ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua FKDT Propinsi Jawa Tengah Ahmad Sururi menandaskan pentingnya ilmu agama Islam terutama tentang ibadah untuk para pelajar. Memahami dan mengamalkan ibadah sebagai tugas manusia perlu ditekankan kepada komunitas remaja. Sebab remaja ini sangat rentan dengan tindakan yang kadang diluar normatif agama Islam.

“Oleh karena itu melalui Pesantren Ramadlan ini diharapkan akan bisa memberikan kesadaran dan merasakan beribadah yang  berlandaskan pada ilmu.”tandas Koordinator Pesantren Ramadan yang juga Wakil Ketua LTN NU Brebes ini.(rls/adb)

Comments