Besok Malam, Warga Piji Lau Pentaskan Kabaret “Resolusi Jihad” Sambut HSN

0
536

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Belum padam semangat merayakan kemerdekaan ke-74 RI, warga Piji Wetan Desa Lau akan menggelar pentas kabaret tentang perjuangan. Mengambil naskah berjudul “Resolusi Jihad” karya Jesy Segitiga, pentas kabaret tersebut akan dilaksanakan di Balai Desa Lau, Sabtu (07/09/19).

“Pentas kabaret ini diperankan oleh warga RT 04 Piji Wetan Desa Lau bersama Teater Dewa Ruji sekaligus menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2019,” kata sutradara yang juga pentolan Teater Dewa Ruji, M. Ulul Azmi.

Lebih lanjut, Ulul menjelaskan naskah tersebut berbeda dengan yang sudah difilmkan (Sang Kyai). Naskah “Resolusi Jihad” ini lebih menggambarkan antusiasme warga dalam melaksanakan titah KH. Hasyim Asy’ari untuk ikut berjuang melawan penjajah dan sekutu.

“Ceritanya ini mengilustrasikan sekelompok warga dan santri yang menerima surat perintah dari KH. Hasyim Asy’ari tentang Resolusi Jihad. Jadi bukan murni sejarah memang,” paparnya.

Ulul menambahkan, pentas kabaret ini nanti diharapkan bisa menyadarkan warga untuk tidak sekadar mengingat bahwa di Indonesia pernah ada Resolusi Jihad. Tetapi juga supaya bisa merasakan semangat santri kala itu sehingga loyal kepada kiai dalam mempertahankan NKRI.

“Semangat santri zaman dulu harus sampai pada generasi sekarang dan jangan pernah padam,” tandasnya.

Pentas kabaret ini digelar untuk umum sebagai persembahan warga Desa Lau. Pentas akan dimulai pada pukul 19.00 – selesai. Hingga berita ini diturunkan para aktor, kru dan warga sedang menyiapkan pementasan dengan semangat gotong royong.(rid)

Comments