Komisioner dan Staf Sekretariat Bawaslu “Ngaji Bareng” Teknik Penulisan Buku dan Reportase

0
582
Ngaji Bareng teknik penulisan buku dan reportase di Bawaslu Kabupaten Kudus.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Bawaslu Kabupaten Kudus menyelenggarakan ‘’Ngaji Bareng: Teknik Penulisan Buku dan Reportase Media’’ yang diikuti komisioner dan jajaran sekretariat, Jumat (6/9/2019l.

Acara yang diselenggarakan di Pojok Pengawasan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di internal lembaga, khususnya di bidang literasi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kudus, H. Wahibul Minan, dalam sambutannya memotivasi para komisioner dan jajaran secretariat agar bisa menulis dengan baik. Sebab menurutnya, menulis itu merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai dan ditingkatkan.

‘’Siapa pun Anda, kalau tidak menulis, maka akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah,’’ ujarnya menyitir pernyataan sastrawan kenamaan asal Blora, Pramoedya Ananta Toer (Pram).

Sementara itu, kesempatan tersebut Bawaslu Kabupaten Kudus menghadirkan Rosidi untuk menyampaikan materi teknik penulisan buku, sedang M. Farid mengulas seputar reportase media.

‘’Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis, antara lain pentingnya motivasi diri untuk selalu menulis, menentukan ide yang akan ditulis, dan menentukan tema,’’ terang Rosidi yang juga pemimpin redaksi Suaranahdliyin.com.

Staf sekretariat Bawaslu Kabupaten Kudus mengikuti Ngaji Bareng teknik penulisan buku dan reportase.

Jurnalis muda M. Farid, menyampaikan mengenai teknik-tekni dasar jurnalisme, nilai-nilai berita, bagaimana wawancara dengan narasumber, hingga paparan tentang kode etik jurnalistik serta Sembilan elemen jurnalisme.

Hadir pula pada kesempatan itu Ade Ismail, jurnalis Suaranahdliyin.com yang memaparkan materi terkait desain dan tata letak (layout).

‘’Pelatihan seperti ini sangat penting. Bagi kami, pelatihan seperti ini sekaligus memotivasi untuk belajar selain juga berkarya,’’ kata Fauzi, salah satu staf secretariat Bawaslu Kabupaten Kudus. (mail, rid, gie, luh/ adb, ros)

Comments