Hari Anti Korupsi
Ansor Rohil Riau Dukung Program Jaga Desa dari Korupsi

0
690
Ketua GP Ansor tengah menyampaikan sambutan dalam seminar hari Anti Korupsi DUnia di Rohil Riau

ROKAN HILIR,Suaranahdliyin.com – Dalam rangka memeringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau bersama Kejati Riau mengadakan seminar bertema Jaga Desa dari Korupsi di gedung Serba guna Misran Rais, Bagan Siapi-api, Sabtu (10/12/2022). Sebagai pembicara, seminar menghadirkan nara sumber Asintel Kejati Riau Raharjo Budi Kisnanto SH.MH.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Rohil, Fauzi Gunawan mendukung program jaga desa dari koruupsi yang dicanangkan Kejaksaan. Menurutnya, program jaga desa dari korupsi oleh Kejati Riau sangat penting sebagai upaya membangun desa bersih dari korupsi.

“Harapan ke depan, jangan ada lagi kepala desa yang tersangka dengan korupsi dana desa.”tandasnya.

Fauzi menekankan Ansor ingin bersinergi dengan pemerintah dan Kejati dalam melaksanakan program jaga desa dari korupsi.

“Melalui kegiatan seminar ini, Ansor berupaya turut memberikan sumbangsih dan kontribusi pemuda daerah untuk pembangunan yang di mulai dari desa.”imbuhnya.

Asintel Kejati Riau Raharjo Budi Kisnanto SH.MH. menjelaskan program jaga desa ini adalah program Kerjasama (MoU) antara Kejaksaan Agung dengan Menteri Desa di tahun 2018 dengan tujuan menjaga agar Para Penghulu (Kepala Desa) tidak lagi melakukan tindak pidana korupsi.

“Dan, Kejatoi Riau bersama dengan pemerintah kabupaten Rokan Hilir juga sudah melakukan kerjasama dalam program jaga desa.”terangnya.

Raharjo Budi menyampaikan tiga hal yang perlu dijaga oleh setiap Penghulu (Kepala Desa) dan Datin Penghulu dalam menggunakan anggaran desa. Yakni sepanjang dana yang digelontorkan itu bisa dipertanggungjawabkan, tidak mengambil keuntungan, negara tidak dirugikan dan untuk kepentingan umum.

“Jika tiga point di atas terpenuhi maka pihak penyelenggara dana desa tidak akan tersandung dengan masalah hukum.”tegasnya.

Disamping Asintel Kejati Riau Raharjo Budi Kisnanto, hadir pula ketua PW GP Ansor Provinsi Riau Purwaji S Sos, Bupati Rokan Hilir diwakili Kepala Dinas PMD Rohil Yandra M Si, Kasi Intel Kejari Rohil Yogi Hendra SH.MH., Ketua GP Ansor Pimpinan Cabang Rohil Fauzi Gunawan beserta pengurus dan seluruh Penghulu (Kepala Desa) dan Datin Penghulu se- Kabupaten Rokan Hilir.(nur sahrum/adb)

Comments