4C untuk Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah

0
390

WONOSOBO, Suaranahdliyin.com – Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKKM) Ma’arif menyelenggarakan acara pembinaan bagi kepala MTs. Ma’arif se-Kabupaten Wonosobo, yang digelar di Resto Ongklok, Jalan Dieng.

Hadir dalam forum itu, antara lain Drs. H. Muhammad Thobiq MS.I (Kepala Kemenag Wonosobo), KH. Dr. Abdul Majid M.Pd. (Kepala LP Ma’arif NU Wonosobo), serta pengawas di lingkungan Kemenag Kabupaten Wonosobo.

Dr. Abdul Majid, menyampaikan, bahwa kapala madrasah di era digital ini, harus  memiliki empat kompetensi yang dirangkum dalam 4 C. ‘’Yaitu critical thinking (fathonah/ cerdas), creative, comunication dengan baik dan colaboration dengan baik pula,’’ terangnya.

Kepala Kemenag Wonosobo, Drs. H. Muhamad Thobiq MSI, mengutarakan pentingnya rapat dan koordinasi dari berbagai jenjang santuan pendidikan, mulai dari jenjang RA, MI, MTs. dan MA untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

‘’Selain itu, penting pula melakukan internalisasi nilai sejak dari RA sebagai pembentukan karakter dasar. Dan di era merdeka belajar, guru harus meningkatkan kompetensinya, sehingga akan tampil menjadi guru yang baik,’’ ungkapnya. (hamim/ ibd, ros, adb)

Comments