Tumbuhkan Budaya Menulis dengan Workshop Jurnalistik

0
119
Salah satu peserta workshop membaca karya di depan pemateri dan peserta lainnya

PATI, Suaranahdliyin.com – Lemahnya minat menulis dikalangan pelajar saat ini, menjadi sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, MA Salafiyah Kajen melalui kegiatan ektrakurikuler jurnalistik Et Diversity, menyelenggarakan workshop jurnalistik dan kepenulisan pada hari jum’at (8/10).  Puluhan siswa mengikuti acara yang bertempat di Aula MA Salafiyah Kajen itu.

Dalam pelatihan ini, di sampaikan tiga materi antara lain tentang motivasi menulis, penulisan kreatif dan penulisan berita yang disampaikan oleh Arif Khilwa dan Beni Dewa Brata sebagai pemateri.

Arif Khilwa, mengutarakan, bahwa sekarang ini semua orang bisa menulis, tetapi hanya beberapa orang yang mau menulis. Menulis butuh kemauan dan latihan yang terus menerus.

“Kebanyakan orang beralasan tidak ada ide, atau ada ide tapi susah dituangkan dalam kata-kata. Pada dasarnya, ide itu tidak dicari, tapi ditemukan. Untuk menemukannya, bisa dari sebuah peristiwa, fenomena atau momentum. Latihan menulis secara rutin akan terbiasa menuangkan gagasan atau ide dalam sebuah tulisan,” katanya.

KH. Abdul Kafi, kepala MA Salafiyah Kajen, menyambut baik workshop ini. Dia menyampaikan pentingnya menumbuhkan kemampuan menulis di kalangan pelajar. “Pelatihan penulisan, sangat baik dan banyak manfaatnya. Semoga ini bisa memotivasi para siswa untuk menulis, hingga tumbuh menjadi budaya menulis dalam diri setiap siswa,” tuturnya. (khil/ ros, luh, adb)

Comments