Teater X Kukuhkan Diri Jadi yang Terbaik di FTL 2019

0
1048
Penyerahan penghargaan pada malam penganugerahan FTL 2019.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Gelaran Festival Teater Lesbumi (FTL) Kabupaten Kudus telah berakhir. Trofi dan penghargaan juga sudah menemui para juara yang diumumkan pada Malam Penganugerahan Lesbumi Kudus di halaman Taman Budaya Sosrokartono, Kamis (07/11/19) malam.

Teater X dengan lakon “Bawa Bale Leksana” berhasil menjadi yang terbaik pada festival tingkat Kabupaten itu. Kelompok teater yang digawangi oleh para Alumni SMK Duta Karya Kudus ini meraih dua penghargaan sekaligus. Yaitu sebagai juara I dan kategori sutradara terbaik.

Sementara itu, juara II diraih oleh Teater PEACE (Undaan) yang mementaskan “Gang Merah Putih”. Sedangkan juara III diraih Teater Akar dengan lakon “Mata Air / Sendang Jodoh”. Teater Akar juga menyabet penghargaan kategori aktor terbaik dalam festival perdana yang diadakan Lesbumi Kudus ini.

Lukni Maulana, salah satu juri, mengutarakan, cukup sulit untuk menentukan juara dalam FTL ini, lantaran masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tak pelak, itu memancing perdebatan para juri di belakang panggung.

“Semua memiliki potensi untuk menang dengan ciri khasnya masing-masing. Ini yang memantik perdebatan antar dewan juri,” ujarnya.

Kendati demikian, imbuh dia, bagi yang belum beruntung kali ini, tetap lah berproses. Sebab, urusan menang atau kalah itu sebenarnya hanya bersifat temporer, tidak permanen. “Yang menang sekarang juga belum tentu bisa menang jika dilombakan lagi. Pemenang sejati itu adalah yang selalu berproses tiada henti,” jelas Ketua Lesbumi PWNU Jateng ini.

Juri lainnya, Pipiek Isfianti, mengapresiasi penampilan semua peserta yang tampil pada pagi hingga sore hari itu. Menurutnya, semua peserta telah menggarap lakon teaternya secara apik dan luar biasa. “Mereka juga memersiapkan pentas dengan baik dan profesional,” katanya.

Trofi dan penghargaan juara 1 malam itu diserahkan secara langsung oleh Abdullah Wong kepada perwakilan Teater X. Sementara juara 2 diserahkan oleh Sastro Adi dan juara 3 diserahkan oleh Ketua Lesbumi Kabupaten Jepara. (rid, adb /ros)

Comments