Siapa Berpeluang Nahkodai GP. Ansor Kudus Mendatang?

0
1286

Jika tidak ada aral melintang, GP. Ansor Kabupaten Kudus akan segera menggelar Konferensi Cabang (Konfercab), untuk memilih nahkoda baru yang akan memimpin organisasi tersebut pasca-kepemimpinan H. Sarmanto Hasyim.

Konfercab GP. Ansor Kabupaten Kudus, menurut informasi yang beredar, akan dilangsungkan di Madrasah Miftahul Falah Desa Cendono, Kecamatan Dawe pada 19 Januari 2020 mendatang.

Momentum ini pun bisa dikatakan event yang sangat momumental, lantaran salah satu rangkaiannya ada gelar pasukan sebanyak 10.000 personel Banser, yang rencananya akan dihadiri langsung Ketua Umum PP. GP, Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas.

Namun hingga kini, belum ada nama-nama beredar yang akan mencalonkan diri maupun akan diusung dalam proses pemilihan calon ketua GP. Ansor Kabupaten Kudus. Masih malu-malu, ataukan memang masih mempersiapkan diri agar telah matang secara konsep dan mental saat pencalonan?

Lepas dari apapun, GP. Ansor Kabupaten Kudus sendiri merupakan organisasi yang dipenuhi dengan tokoh-tokoh dengan kualitas yang mumpuni, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. GP. Ansor Kabupaten Kudus secara organisasi telah mapan, sehingga yang dibutuhkan adalah sosok yang bisa mengelola organisasi dengan baik.

Beberapa tokoh yang bisa disebut, misalnya, ada Arief Mustain, Dasa Susila, M. Fatchul Munif, Ngadimin, Dwi Syaifullah, H. M. Alamul Yaqin, dan tentu saja H. Sarmanto Hasyim sendiri yang kini menjabat Ketua GP. Ansor Kudus.

Tokoh-tokoh tersebut di atas, ditilik secara kualitas, sangat siap jika mendapat amanah memimpin GP. Ansor Kabupaten Kudus. Sehingga kendati sampai kini seakan masih ‘’sepi-sepi saja’’ bursa calon yang akan maju, tetapi di detik-detik akhir, pasti ada sosok-sosok yang akan maju atau dimajukan.

Atau, ada ‘’settingan’’ lain. Bahwa jika menilik kiprah H. Sarmanto Hasyim selama memimpin GP. Ansor Kabupaten Kudus yang dinilai banyak kalangan cukup baik, tidak menutup kemungkinan dia akan dicalonkan lagi untuk menahkodadi Banom NU ini satu periode lagi.

Ya, H. Sarmanto Hasyim mungkin sudah capai dan lelah membesarkan GP. Ansor Kabupaten Kudus bersama jajarannya, namun jika arus bawah organisasi ini menghendaki ia kembali memimpin lagi, tentu akan sangat sulit dia menolaknya.

So, apapun kondisinya, prosesi Konfercab 19 Januari mendatanglah yang akan menjawabnya. Dan siapa pun yang akan terpilih dan mendapatkan mandat menahkodai GP. Ansor Kabupaten Kudus periode mendatang, tentu harus mendapatkan dukungan. Bukankah demikian? Wallahu a’lam. (Rosidi)

Comments