MPLS/ Matsama di Era Pandemi

0
283

 

SN/ dok

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), atau dalam lingkup madrasah dikenal dengan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama), sangat penting artinya.

MPLS/ Matsama menjadi penting, lantaran melalui forum itulah, peserta didik baru di jenjang pendidikan masing-masing, dikenalkan dengan lingkungan, tata tertib, hingga prestasi sekolah/ madrasah.

Pertanyaannya, bagaimana MPLS/ Matsama dijalankan di era pandemi Covid – 19 seperti sekarang? Dengan cara online ataukah offline mesti dilangsungkan?

Itu, tentu menjadi pertanyaan-pertanyaan mendasar dalam situasi seperti sekarang ini. Sebab, baik online maupun offline, membutuhkan pemikiran dan persiapan yang matang.

Jika online, kesiapan wifi dan jaringan, menjadi syarat mutlak yang tidak bisa ditawar. Itu pun belum tentu tak ada kendala, karena bisa jadi, peserta MPLS/ Matsama di rumah, belum tentu siap kuota maupun jaringan.

Sedang jika offline, tidak sekadar tempat dan materi yang harus dipersiapkan, tetapi harus memastikan protokol kesehatan dipatuhi oleh semua.

Namun lepas dari semuanya, MPLS/ Matsama sangat penting untuk diadakan, bahkan dalam situasi pandemi sekali pun. Soal Bagaimana teknisnya, terpulang kepada sekolah/ madrasah masing-masing, bagaimana yang paling memungkinkan. (redaksi)

Comments