Liburan Menyenangkan, Belajar English ala Pare di Kudus

0
342
Peserta Holiday Program belajar bahasa English

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Tak perlu jauh-jauh ke Kampung Inggris di Pare, Kediri untuk belajar English (bahasa ingiris). Belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan bisa dilakukan di Kudus.

Program belajar bahasa Inggris layaknya di Pare bertempat di Di Desa Loram Kulon, kec. Jati, Kudus yang dinamai “Holiday Program” dimaksudkan untuk mengisi liburan sekolah dengan mengajak anak-anak belajar bahasa Inggris secara menyenangkan.

Metode belajar sambil bermain diterapkan agar membuat anak-anak lebih nyaman untuk belajar bahasa Inggris. Selaku perintis “Holiday Program”, Muslimin mengungkapkan bahwa program ini dilakukan untuk memfasilitasi anak-anak agar merasakan pengalaman belajar bahasa Inggris, seperti di Kampung Inggris Pare.

“Jadi Holiday Program ini memang berawal dari keresahan orang tua yang melihat anak-anak waktu liburan sekolah hanya digunakan bermain hp, jadi kami fasilitasi supaya mereka mau belajar bahasa Inggris dengan metode menyenangkan,” ujar Muslimin, Rabu (12/6/2023).

Holiday program merupakan konsep belajar ala Pare. Namun lokasinya ditempatkan di dekat lingkungan siswa. Artinya, siswa tak perlu jauh-jauh pergi ke Pare untuk belajar bahasa Inggris di sana.

“Kami memang sengaja mengadopsi dari Pare, kami hadirkan di sini supaya anak ketika liburan punya kegiatan, tidak bermain hp terus sekaligus melatih keterampilan berbahasa Inggris mereka,” paparnya.

Metode yang digunakan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah dibuat. Pertama, siswa akan belajar English morning di depan Masjid Wali Loram, berolahraga sambil belajar kosa kata Inggris.

Kedua, adalah command expression atau ungkapan keseharian. Sementara tugas akhirnya anak-anak diberikan tugas membuat short movie percakapan bahasa Inggris dalam waktu lima menit.

Holiday program mempunyai konsep belajar ala Pare, namun dengan lokasi yang dekat dengan lingkungan siswa. Artinya, siswa tak perlu jauh-jauh pergi ke Pare untuk belajar bahasa Inggris di sana.

Holiday program memiliki konsep belajar ala Pare, namun dikemas dengan lokasi yang dekat dengan lingkungan siswa. Sehingga siswa tak perlu jauh-jauh pergi ke Pare untuk belajar bahasa Inggris di sana.

“Kami memang sengaja mengadopsi dari Pare, kami hadirkan di sini supaya anak ketika liburan punya kegiatan, tidak bermain hp terus sekaligus melatih keterampilan berbahasa Inggris mereka,” ujarnya

Kegiatan holiday program ala Pare Kediri ini dimulai sejak tanggal 1 Juli hingga 17 Juli 2023. Program ini diikuti 26 siswa yang berasal dari Kudus, Demak, Jepara, dan Blora.

“Metode yang kita pakai itu memang menghilangkan belajar inggris yang membosankan, dengan bermain, belajar, berolahraga, layaknya di Pare. Jadi selama 12 hari, anak-anak memang belajar bahasa Inggris sambil bermain di sini,” tambahnya.(Juwanita, Mahasiswa PPL Prodi KPI IAIN Kudus)

Comments