Segera Berakhir Masa Tugasnya
Ganjar Pamitan dengan Ulama di Cilacap

0
437
Ganjar Pranowo yang segera berakhir masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah, bersilaturahmi dengan ulama di Cilacap, baru-baru ini

CILACAP, Suaranahdliyin.com – Menjelang berakhirnya masa tugas Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 5 September mendatang, dia pun mementingkan untuk silaturahmi (sowan) ke sejumlah ulama di berbagai daerah, termasuk di Cilacap.

Di Cilacap, pada Jumat (11/8/2023) lalu, dia melakukan silaturahmi ke para ulama untuk berpamitan. Dimulai dengan sowan di kediaman pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihya’ Ulumaddin asuhan KH Imdadurrohman Al Ubudi. Dilanjutkan ke Ponpes Miftahul Huda asuhan KH Su’ada Adzkiya.

Ribuan santri menyambut kedatangan Ganjar, setibanya di pondok pesantren. Dia juga disambut oleh para ulama dan keluarganya. “Sugeng rawuh Pak Ganjar, mari-mari,” ucap KH Imdadurrohman Al Ubudi.

Di sana, ia dijamu makanan sambil ngobrol bersama KH Imdadurrohman dan keluarga. Ganjar menyapa dan diminta untuk memberikan motivasi kepada ratusan santri. Pun demikian saat dia tiba di Ponpes Miftahul Huda. Ratusan santri juga tampak berbaris menyambut kedatangan Ganjar dengan antusias.

Saat bertemu para ulama itu, dia mendapatkan sejumlah masukan dan wejangan. “Saya selalu menyempatkan silaturahmi ke para ulama. Kami sering diskusi dan mendapat pesan sekaligus wejangan. Ada beberapa problem yang disampaikan, karena ulama itu juga tempat bertanya rakyat. Jadi saat ketemu seperti ini, kita berembug menyelesaikan persoalan itu,” katanya.

Pada silaturahmi kali ini, Ganjar juga berpamitan kepada para ulama dan masyarakat. Dia mengaku ada banyak sekali kenangan dan nostalgia dengan para ulama selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jateng.

“Saya sekaligus pamitan, sambil bernostalgia selama 10 tahun bersama. Kami senang, banyak ulama yang berkenan memberikan catatan. Kalau ada problem penyelesaian di lapangan kami selalu minta tolong ulama. Inilah pentingnya umara dan ulama bersatu,” katanya.

KH Su’ada Adzkiya mengapresiasi Ganjar yang dua periode memimpin Jawa Tengah. “Mudah-mudahan apa yang direncanakan berhasil. Kalau soal kinerja, saya lihat yang jelas itu tidak merepotkan kami yang di bawah. Kebijakan Pak Ganjar banyak yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya. (rls/ ros, adb)

Comments