Gandeng IPNU Kudus, KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

0
1856

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kudus serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Kudus melaksanakan sosialisasi pemilih pemula kalangan pelajar Jum’at (6/4/2018).

Bertempat di Aula Kantor PCNU Kudus, sosialisasi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, mars IPNU dan Syubbanul Wathon. Dalam sosialisasi pastisipasi pemilih pemula, mengundang tiga narasumber yakni Eny Misdayani (Komisioner KPU Kudus), Sholeh Syakur (Psikolog) , dan KH. Sa’aduddin Nasih (Ulama muda).

ketua PC IPNU Kudus M. Wahyu Saputro mengajak anggota IPNU harus ikut berperan aktif dalam mensukseskan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbub) 2018.

“Kami berharap besar kepada kader IPNU yang sudah mempunyai hak pilih tidak melewatkan momentum untuk belajar politik. Jangan sampai momentum pilkada ini dinodai dengan adanya ujaran kebencian, Hoaks, dan yang terakhir adalah politik uang.”katanya.

Ia mengatakan kader IPNU harus bisa pandai menentukan pilihannya pada tanggal 27 Juni 2018. “Jangan sampai salah pilih dan menyesal, karena 5 tahun ke depan di tentukan pada saat kita mencoblos di TPS” imbuhnya.

Sa’adudin Annasih berpesan pada kader IPNU bahwasannya ciri-ciri seorang pemimpin menurut Ibnu Tamiyah ada tiga. Yaitu Amanah, Kapabilitas, dan religius. Ketiga ciri-ciri tersebut harus saling berkaitan.

“Sedangkan hukum memilih seorang figur pemimpin fardlu ain sebagaimana seperti sholat lima waktu.”ujar pengasuh pesantren Darul Ulum Ngembalrejo Kudus.

Menurutnya, menjadi pemilih pemula itu sulit. Meski begitu, pemilih pemula harus bisa  merubah pandangan politik “Sehingga terciptanya tatanan masyarakat yang sesuai dengan apa yang diharapakan para pendahulu,”tandasnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri para pelajar NU se Kabupaten Kudus yang tergabung dalam organisasi IPNU yang tersebar dari 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus.

Selain acara sosialisasi pemilih pemula. PC IPNU Kudus juga mendeklarasikan diri untuk bersama-sama menolak politik uang, hoaks, dan isu sara dalam perhelatan pilkada 2018, Pemilihan Legisdlatif dan Pemilihan Presiden 2019. (rls/adb)

 

 

 

Comments