Empat Komitmen Utama Santri Menurut KH. Sahal Mahfudz

0
726

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Mantan Rais Aam Syuriah PBNU, Prof. Dr (Hc). KH. M. Sahal Mahfudz MA, pernah berpesan kepada para santri, agar menjaga empat komitmen utama santri. Hal itu diungkapkan oleh Pengurus Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama, Fajar Nugroho, di Pondok Pesantren Enterpreneur Al-Mawaddah Centre, Ahad (29/10/17).

Di depan puluhan peserta yang hadir, Fajar mengatakan empat komitmen Mbah Sahal itu sebagai kunci sukses seorang santri. Keempat kunci itu dinamainya dengan sebutan 4K, yaitu Keikhlasan, Ketaatan, Kemandirian dan Ketirakatan. “Sepertinya K yang terakhir itu yang berat. He he … ,’’ candanya.

Dalam konteks kemandirian, lanjut Fajar menambahkan, itu sudah menjadi cita-cita para ulama sejak dulu agar masing-masing pesantren memiliki desa binaan. Ia bahkan pernah diajak menyusun model dan perencanaan untuk memakmurkan warga desa dalam kurun waktu 12 bulan.

“Saya ingat, saat itu Gus Dur begitu semangat menginginkan perubahan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat. Salah satu caranya, yaitu menggandeng pesantren sebagai poros penggeraknya,” ungkapnya. (rid/ ros)

Comments