Sambut Ramadan, Ansor Wonodoyo Cepogo Ziarahi Makam Auliya Cikal Bakal Desa

0
730

Puluhan anggota Ansor-Banser Wonodoyo tengah ziarah makam. auliya cikal bakal Desa setempat

BOYOLALI, Suaranahdliyin.com – Menyambut datangnya Ramadan, Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Wonodoyo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, melaksanakan ziarah 9 makam auliya’ dan sesepuh/cikal bakal Wonodoyo pada Senin (20/3/2023).Kegiatan ini diikuti sekitar 60 anggota Ansor beserta Banser Wonodoyo.

Ketua PR GP Ansor Wonodoyo, Juari, menyampaikan bahwa ziarah ini merupakan wujud meneguhkan ajaran ahlussunah wal jamaah an-nahdliyah. Harapannya, generasi muda tidak lupa dengan sejarah tentang tanah kelahirannya.

“Sebagaimana kita tahu bahwa berziarah adalah ajaran yang dipegang teguh Aswaja an-nahdliyah, agar generasi muda tidak lupa dengan sejarah tentang tanah kelahirannya,”katanya.

Koordinator kegiatan, Supriyanto, menjelaskan, ziarah dilaksanakan setiap tahun pada bulan Sya’ban menjelang bulan puasa. “Semoga sahabat Ansor dan Banser ranting Wonodoyo bisa istiqamah dalam melaksanakan tradisi baik ini,” ujarnya

Ia menambahkan, pelaksanaan ziarah dipimpin tokoh agama setempat yaitu Rais Syuriah Ranting NU Wonodoyo Kiai Sururi Al Hafidz, Dewan Penasihat PR GP Ansor Wonodoyo Kiai Taslim, dan juga Ketua Rijalul Ansor Wonodoyo Ali Mubarok.

Kegiatan ziarah diawali dengan salat dhuha di masjid Al Hikmah Pedut, lalu berkunjung ke makam pengasuh Ponpes Baitutta’lim Al Hikmah Pedut KH Muhammad Solihin. Diteruskan ke-8 makam lainnya.(sulis/adb) 

Comments