Safi’i: RSINU Demak Implementasikan Nilai Aswaja An-Nahdliyah

0
186

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Pada Sabtu (16/1/2021) lalu, Akhmad Safi’I, pengurus Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (ARSINU) Divisi Pendidikan Pelatihan, berhasil mempertahankan tesisnya pada Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia.

Kajian tesisnya yang diujikan melalui Zoom dan disiarkan langsung pula melalui akun youtube Lembaga Kesehatan PBNU, berjudul “Analisis Kinerja RSINU Demak Berdasarkan Balanced Scorecard Periode 2017 – 2020” dengan pembimbing Prof. dr. Anhari Achadi SKM. ScD.

Sedang para penguji, terdiri atas Dr. Ede Surya Darmawan SKM MDM, Prof dr Amal Chalik Sjaf SKM Dr.PH., Dr. dr. HM. Zulfikar As’ad MMR., serta dr Abdul Aziz MH.Kes MKM(ARS).

Safi’i menyampaikan, Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak, adalah rumah sakit Islam swasta nonprofit, yang dalam pengelolaannya tidak semata-mata mencari keuntungan (profitabilitas), tetapi juga mengemban nilai-nilai sosial.

“Agar bisa berjalan baik antara fungsi ekonomi dan sosial di tengah persaingan antarrumah sakit yang semakin ketat di era revolusi industri 4.0, maka dibutuhkan alat ukur kinerja rumah sakit. Salah satu pendekatan evaluasi yang dipakai untuk menilai kinerja rumah sakit, yaitu Balance Scorecard (BSC),” terangnya.

Dalam melakukan penelitian tersebut, ia meggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, untuk mengukur kinerja RSINU Demak dan implementasi nilai-nilai NU dalam pengelolaan RS, serta rekomendasi kebijakan dan program RSINU Demak peridoe 2017–2020.

“RSINU ini menarik. Sebab, selain tidak sekadar mengejar keuntungan, juga mengimplementasikan nilai-nilai Islami Ahlu al-Sunnah wa Al-Jama’ah (Aswaja) An-Nahdliyah,” ujar ujar pengurus pada Departemen Farmasi dan Pelayanan Kesehatan di Lembaga Kesehatan (LK) PBNU itu. (ros, mail, luh, gie/ adb, rid)

Comments