Pimpinan Ranting GP Ansor se Boyolali Diakreditasi

0
405
Proses akreditasi pimpinan ranting GP Ansor di Kabupaten Boyolali

BOYOLALI, Suaranahdliyin.con – Dalam rangka menjawab tantangan global yang serbacepat, Gerakan Pemuda (GP) Ansor memperkuat kinerja berbasis akreditasi. Yaitu dengan melakukan evaluasi serta memberi penilaian kinerja dari tingkat ranting sampai pimpinan pusat. Ini sebagai bahan meningkatkan kualitas dalam berkhidmat kepada masyarakat.

Hal itu juga dilakukan Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Boyolali, Jawa Tengah, yang menyelenggarakan akreditasi Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor se-Kabupaten Boyolali, dimulai dari Koordinasi Daerah (Korda) Utara Boyolali (Juwangi, Karanggede, Kemusu, Klego, Wonosegoro) di Pondok Pesantren (Ponpe) Darussalam, Bandung, Wonosegoro, Selasa (22/2/2022) malam.

Kiai Khumaidi, pengasuh pondok, menyatakan pentingnya akreditasi agar kesinambungan antara pengurus lama dan baru bejalan dengan baik. “Apapun yang kita tulis, kita amalkan. Yang kita amalkan, kita tulis lagi, agar roda organisasi berjalan dengan baik,” tuturnya.

Ia berharap, setelah kelengkapan administrasi diperiksa, organisasi bisa lebih bagus. “Organisasi Ansor harus tertata dengan baik, agar ke depan juga membawa kebaikan bagi NU,” tegas Kiai Khumaidi yang juga sebagai Mustasyar MWCNU Wonosegoro.

Sedang Achmad Kurniawan, Sekretaris PC GP Ansor Boyolali, mengatakan, tujuan akreditasi antara lain untuk mengevaluasi kinerja kader di tingkat ranting, sekaligus mengukur kesolidaritasannya, serta melakukan akselerasi kinerja organisasi.

“Dengan akreditasi, misalnya kita akan tahu pasti berapa anggota Ansor – Banser. Kita punya data by name (nama) dan by address (alamat). Dari dasar itu kita bisa meningkatkan kinerja,” ujarnya.

Dia menambahkan, manfaat akreditasi yaitu agar GP Ansor tertata administrasinya, sekaligus sarana belajar disiplin. “Ibarat sekolah, kita ini masuk di pesantren besar (GP Ansor). Kalau dimanajemen dengan benar, akan menjadi contoh baik dan memberi jalan lebar kepada generasi selanjutnya,” katanya sembari menyebut akreditasi juga untuk menentukan keikutsertaan dalam Konferensi Cabang tiga bulan mendatang.

Antusias mengikuti proses akreditasi

Sementara Muh Mustain, Ketua PR GP Ansor Karangjati, Wonosegoro, mengutarakan, akreditasi ini memberi pelajaran baginya dan segenap kader ranting akan pentingnya menata administrasi.

“Administrasi ranting yang kemarin belum tertata rapi, sekarang sudah terkumpul dan bisa dijadikan acuan melangkah selanjutnya,” ungkapnya. (sis/ gie, rid, ros, adb)

Comments