Outing Class di Semarang
Peserta Didik MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Praktik Manasik Haji dan Umroh

0
1390
Peserta praktik manasik haji berfoto di replika ka’bah

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Rabu (21/2/2024) pagi itu, suasana MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus tidak seperti biasanya. Sejak pukul 06.00 wib, terdengar sayup-sayup suara kalimah Talbiyah yang menggema di halaman madrasah tersebut.

Suasana itu menandai keberangkatan peserta didik kelas 5 program reguler dan full day mengikuti kegiatan outing class praktik manasik haji dan umroh ke Firdaus Fatimah Zahra Gunungpati Semarang.

Menurut Kepala MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang, Mahfud Nahrowi mengatakan praktik manasik haji dan umroh ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai wujud pembelajaran kontekstual materi Fiqih kelas 5 semester genap yang memuat materi Haji dan Umroh.

“Kita mengajak para peserta didik melaksanakan praktik manasik haji dan umroh di tempat yang lengkap dengan miniatur Masjidil Haram, Ka’bah, Mas’a, Arafah, Muzdalifah dan Mina,”ujarnya.

Pelaksanaan di Fatimah Zahrah ini, menurut dia, peserta didik seakan-akan dapat merasakan ibadah haji dan umroh yang sesungguhnya. “Sehingga ketika mereka mendapatkan fadlal dari Allah untuk melaksanakan haji dan umroh sudah ada gambaran yg jelas di benak mereka” ujar Nahrowi, alumni pasca sarjana UIN Salatiga ini.

Praktik manasik haji yang diikuti 46 siswa siswi ini, peserta menerima bimbingan langsung oleh guru pendamping KH. Rifa’i. Mereka dibimbing sangat detail dan runtut pelaksanaan manasik haji dan umrah mulai dari cara memakai pakaian ihrom, thawaf, sa’i, wukuf di arafah, sampai melempar jumrah.

Sesampainya di Firdaus Fatimah Zahra Semarang, suasananya sangat ramai sekali. Karena bebarengan dengan pelaksanaan manasik haji dan umrah dari KKMI Se-Kabupaten Semarang.

“Saya sangat senang karena bisa ikut praktik haji dan umroh, dan bisa mencium hajar aswad walaupun baru replikanya saja” ujar Aufa siswa kls 5A.

Setelah manasik selesai peserta didik diajak untuk menikmati wisata alam di Ngrembel. Di wisata ini anak-anak dapat menikmati suasana alam yang masih asri dan terdapat beberapa hewan yang dapat dijadikan sebagai edukasi bagi peserta didik.

Kegiatan ini di akhiri dengan ziarah ke makam Sunan Kalijaga.(zulfatin/adb) 

Comments