Penyerahan Mesin Linting Rokok, Pj. Bupati Kudus Apresiasi Museum Kretek

0
481
Pj Bupati Kudus HM. Hasan Chabibis menerima mesin Linting rokok dari PT Nonorono untuk Museum Kretek

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Penjabat (Pj) Bupati Kudus, HM. Hasan Chabibie menerima penyerahan mesin linting rokok dari PT.Nojorono Tobacco untuk Museum Kretek, Selasa (26/3/2024). Mesin linting ini menambah koleksi benda museum yang bisa sebagai destinasi wisata baru,

Dalam sambutannya, Hasan memberikan apresiasi kepada museum kretek Kudus sebagai salah satu destinasi wisata yang menyajikan informasi tentang perjuangan pabrik rokok yang beridiri di Kudus.

“Kudus sebuah kota yang memproduksi rokok kretek, hal tersebut merupakan sebuah perjalanan panjang yang membuat eksistensi Kota Kudus luar biasa,”ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pabrik rokok di Kudus sudah berdiri sejak 90 tahunan yang pertama kali diperjuangkan oleh Nitisemito dan berlanjut hingga saat ini.

“Sehingga Kudus dapat menjadi tanggung jawab sosial untuk menghidupkan masyarakat di kota Kudus, dan bahkan yang menjadi kontribusi pabrik rokok 10% dari masyarakat Kudus” papar Hasan.

Hasan mengharapkan adanya destinasi wisata Museum Kretek di Kudus dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Kudus.

Pj. Bupati Kudus memberikan sambutan penyerahan mesin Linting rokok di Museum Kretek

Acara yang berlangsung di Museum Kretek Kudus ini dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Mutrikah dan Direktur PT Nojorono Tobacco Kudus Arief Goenadibrata beserta jajaran dari pabrik PT Nojorono Tobacco.

“Kegiatan ini merupakan suatu hal yang berguna dalam menambah koleksi di museum kretek dan juga dapat memberikan daya tarik masyarakat”ujar Mutrikah saat memberikan sambutan.

Mutrikah juga menjelaskan bahwa visi misi museum kretek untuk merawat dan membudayakan peninggalan sejarah rokok yang saat ini tercatat 1061 koleksi dan sebagai salah satu museum yang ada di Indonesia bahkan di dunia.(choirul/adb)

Comments