Pembinaan Khatib dan Imam Salat, LTMNU Dawe Fokus Bahas Qouliyah Imam Masjid

0
473
Ratusan ta’mir masjid, khatib dan imam salat mengikuti pembinaan di MWC NU Dawe

KUDUS, Suaranahdliyin.com- Lembaga Ta’mir Masjid Nadlatul Ulama (LTM NU) kecamatan Dawe mengadakan pembinaan khotib dan imam masjid di Gedung MWCNU setempat, Jum’at (11/3/2022). Kegiatan diikuti ratusan ta’mir masjid, khatib dan imam salat se kecamatan Dawe.

Ketua LTM NU Dawe, Asykurin menjelaskan pembahasan yang menjadi kajian dalam pembinaan ta’mir masjid yakni mulai dari shalat, khutbah, jumatan, dan bilal. “Malam ini difokuskan pada sisi qouliyah bacaan shalat karena memang waktunya singkat,” jelasnya.

Adanya pembinaan ini, Asykurin memaparkan, berangkat dari keprihatianan LTM NU. Terlebih lagi, Rais Pengurus cabang Nadlatul Ulama (PCNU) KH Ulil Albab Arwani (Gus Bab) sendiri yang merasa ada yang perlu dibenahi khususnya untuk gerakan dan bacaan imam shalat di masjid-masjid.

“Yang disampaikan Gus Bab ini juga berangkat dari ayahnya alm. Walmaghfurillah Romo K.H Arwani yang dulunya juga memperhatikan hal ini dengan keliling ke masjid-masjid pakai sepeda ontel untuk survey,” bebernya.

Asykurin turut mengapresiasi antusias ta’mir masjid yang hadir dengan prosentase 90 persen kehadiran. Ia berharap,yang hadir malam ini bisa memberikan pembinaan ke wilayah masing-masing.

Terkait dengan program LTM NU, Ketua MWCNU Dawe H. Abdullah Kusminto Al Kaff, dalam sambutannya menyampaikan, majelis pembinaan adalah salah satu program dari PCNU Kudus yang dilanjutkan di LTM NU Dawe.

Dengan adanya majelis ini, H. Kusminto menegaskan penting nantinya ada upaya tindaklanjut di ranting masing-masing untuuk pembinaan ta’mir mushola. “Sebab ini merupakan kebutuhan di lingkungan masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula, ia menjelaskan program dari LTM NU Dawe selain pembinaan adalah pengamanan asset dan NU Center. Dalam pengamanan aset ini diantaranya adalah papanisasi, sertifikasi dan asset masjid lainnya yang perlu untuk diperhatikan.

“Nantinya bisa dikoordinasikan kepada LTM NU mengenai papanisasi dan barangkali ada masjid di Dawe ini yang belum ada sertifikat mohon segera ditindaklanjuti untuk pengurusan sertifikat sebagai pengamanan asset,” tandas H Kusminto.

Program yang ketiga yakni Safari Jumat merupakan kegiatan Jumat keliling ke masjid-masjid di 18 Desa di Kecamatan Dawe.

“Sementara yang sudah terealisasi ada tiga ranting atau desa yakni Desa Lau, Tergo dan Soco,” jelas H. Kusminto.(Umi/adb) 

Comments