NU Sebagai Kelompok Moderat Harus Jadi Solusi

0
418
Ketua PWNU Jawa Tengah KH.M.Muzamil memberian pengarahan dalam sosialisasi Moderasi Beragama, kemarin

SEMARANG,Suaranahdliyin.com –  Adanya kelompok kiri yang liberal dan kelompok kanan yang radikal kuat maka akan terjadi konflik dan keduanya sama-sama menjadi masalah. Makanya, NU sebagai kelompok moderat harus menjadi solusi lantaran akan menjadi saksi atas perbuatan manusia.

Demikian yang disampaian Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH. Muhammad Muzamil dalam acara sosialisasi Moderasi Beragama yang diadaan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah bekerjasama dengan Kemenag RI di Hotel Muria Semarang,Sabtu (17/12/2022).

KH.Muzammil mengatakan kelompok kiri dan kelompok kanan mempunyai maksud untuk memengaruhi masyarakat untuk mengikuti mereka. Tujuannya jelas untuk mendominasi dan memengaruhi masyarakat di bidang pendidikan, politik, sosial, ekonomi bahkan ketahanan bangsa.

“Moderasi beragama ini adalah program pemerintah yang terus dilakukan guna memberikan pemahaman pentingnya sikap moderat.”jelasnya

Pada kesempatan itu, KH.Muzammil mengapresiasi LP Ma’arif Jateng. Menurutnya, LP. Ma’arif NU PWNU semakin menunjukkan kualitas dan kuantias berkhidmah dalam bidang pendidikan pada masyarakat di Jawa Tengah, baik di madrasah maupun sekolah.

“Selain RMI, LP. Ma’arif adalah tulang punggungnya NU.”tandasnya.

Disamping ilmu syariah, lanjut KH. Muzamil, umat Islam harus juga belajar sains. Dalam kehidupan sehari-hari, sambungnya, manusia butuh ilmu untuk menunjang misalnya teknologi, kedokteran, dan lainnya.

“Ini harus kita pelajari terus menerus sampai akhir hayat. Sebagai pendidik pun kita harus menjadi pembelajar sepanjang hayat,”harapnya.

Sementara Ketua LP. Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah R. Andi Irawan menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi moderasi beragama digelar bersama mitra yakni Kemenag RI. “Sisa kepengurusan kita tinggal enam bulan sampai Juni atau Juli 2023. Maka semua program harus dituntaskan sampai titik darah penghabisan, karena ini adalah amanat,” bebernya.

Dalam kegiatan itu hadir juga Sekretaris Pokja Penguatan Moderasi Beragama Kemenag RI Dr. H. Imam Safe’i, M.Pd., jajaran pengurus LP. Ma’arif NU PWNU Jateng, dan peserta dari unsur Ketua LP. Ma’arif NU PCNU se Jawa Tengah.(ibd/adb)

Comments