NU Gelar Konbes secara Virtual

0
251
Konbes NU secara virtual/ Foto: istimewa

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyelenggarakan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) pada Rabu (23/9/2020). Konbes digellar secara virtual, mengingat masih pandemi Covid – 19.

Konbes kali ini mengusung tema ”Islam Nusantara dan Kemandirian NU untuk Peradaban Dunia”, yang diikuti oleh jajaran pengurus PBNU dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) , Lembaga dan Badan Otonom (Banom) se-Indonesia melalui layar virtual.

Ketua umum PBNU, Prof KH Said Aqiel Siraj, dalam sambutannya, mengaku bersyukur karena forum Konbes bisa digelar. ”Sedianya forum ini disiapkan secara matang di Pondok Al-Anwar Sarang, Rembang pada Maret lalu. Namun karena ada pandemi, maka dengan berbagai pertimbangan, Munas dan Konbes ditunda. Bukan lantaran karena kurang tawakkal, tetapi karena hati-hati dan mengutamakan menjaga kesehatan bersama,” tegasnya.

Dikatakannya, ini pertama kali dalam sejarah NU, rapat organisasi dalam skala nasional, dilaksanakkan secara virtual. ”Ini menandakan NU tidak ketinggalan. NU Mampu beradaptasi dengan zaman dan mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Kita siap bergabung dengan yang lain di revolusi industri 4.0, walaupun kita tetap pakai sarung, tetap pakai kopiah hitam dan tetap tradisional,” katanya.

Dia menyampaikan, NU telah turut serta dalam penanganan pandemi Covid – 19, dengan membentuk Satgas NU Peduli. ”Ada tiga tugas utama, yakni pendirian Posko Peduli Covid – 19, lalu penyemprotan disinfektan, konsultasi psikologis, serta penyediaan APD dan Master. Juga memmberikan bantuan kepada APD kepada tenaga kesehatan,” terangnya. (gie, ros/ adb)

Comments