Klangenan, Bukber dan Doa untuk Masyayikh

0
263
Sebagian anggota IKSAB TBS di Kabupaten Pati foto bersama

PATI, Suaranahdliyin.com – Puluhan santri lintas generasi yang tergabung dalam Ikatan Siswa Abiturien (IKSAB) TBS Cabang Pati, melantunkan dan melangitkan doa-doa bagi masyayikh (guru/ kiai) Madrasah TBS Kudus yang sudah wafat, Ahad (9/5/2021) lalu.

Mereka melangitkan dengan penuh khusyuk, bagi para guru, yang telah menjadi pembimbing rohani selama menuntut ilmu (belajar) di madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus itu. Rasa cinta akan guru dan kiai senantiasa terawat dalam sanubari, salah satunya dengan berkirim doa bagi sang guru dan masyayikh tercinta.

Doa dan melangitkan doa bersama itu, adalah salah satu rangkaian dalam forum klangenan (silaturahim) para Iksabiyyun (anggota IKSAB TBS) di Kabupaten Pati, yang diselenggarakan di SMQT Gembong Pati. Pada kesempatan itu, juga dimanfaatkan untu buka  bersama (bukber).

Tak hanya para lulusan setelah tahun 2000-an saja yang hadir. Namun pada kesempatan itu, hadir pula para lulusan madrasah era 1980 dan 1990-an, yang kini menapaki profesi (aktivitas) yang beragam, mulai dari guru/ kiai, wiraswastawan, jurnalis, dan tak sedikit yang masih berstatus santri dan mahasiswa.

KH Rusydi, salah satu murid kinasih KH Turaichan Adjhuri, menyampaikan, bahwa insyaAllah lulusan Madrasah TBS memiliki bekal ilmu agama yang cukup memadai untuk bekal hidup di masyarakat. “Karena itulah, semua keluarga besar saya belajar (sekolah) di Madrasah TBS Kudus semua,” terang anggota DPRD Kabupaten Pati ini.

Salah satu pengurus pusat (PP) IKSAB TBS Kudus, Kiai Nasikun, pada kesempatan itu mengingatkan pentingnya kerja sama dan keikhlasan dalam khidmahnya melalui IKSAB. “Dengan kerja sama yang dilandasi dengan keikhlasan, IKSAB bisa mengguncang dunia,” tuturnya mengutip apa yang pernah disampaikan Ketua Yayasan TBS Kudus, KH M Ulil Albab Arwani.

Kiai Nasikun juga mengapresiasi respons positif Iksabiyyun, yang telah berkenan hadir dalam forum klangenan tersebut. “Kendati harus ke lokasi yang cukup terpencil dan jauh dari kota, namun banyak Iksabiyyun yang semangat hadir, merawat silaturahmi,” tuturnya.

Ketua IKSAB Kabupaten Pati, Khabibi Muhammad Luthfi, dalam sambutannya berharap, agar para alumni Madrasah TBS di Kabupaten Pati semakin solid, dan bisa terdata semua. “Dengan demikian, ke depan IKSAB bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat Pati dan sekitarnya. Selain itu, juga bisa khidmah dan berkontribusi positif kepada almamater,” ujarnya. (rls/ mail, ros, adb)

Comments