KH Muhammad Tasmin, Leluhur Ulama Besar Jepara 

0
1726
Makam KH Muhammad Tasmin di Ngroto, Mayong, Jepara

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Sosok yang satu ini mungkin kurang begitu familiar di kalangan masyarakat umum. Padahal, dia adalah leluhur dari ulama-ulama besar di Kabupaten Jepara. Sosok tersebut adalah KH Muhammad Tasmin.

Berdasarkan informasi yang Suaranahdliyin.com terima dari Kiai Izzul Ma’ali AH, bahwa Kiai Kholilurrohman, menyampaikan, KH Muhammad Tasmin adalah tokoh yang menurunkan ulama-ulama besar.

“KH Muhammad Tasmin diyakini sebagai ulama besar yang merupakan simbah dari ulama-ulama berpengaruh dari Kota Ukir, yakni K Abdullah Umar (ayahanda KH Sholeh Darat yang juga pasukan Pangeran Diponegoro), KH Sholeh Darat, KH Khasbullah (pendiri Pondok Balekambang) dan KH Abdullah Hadziq (pengasuh Pondok Balekambang),” terang Kiai Kholilurrohman.

Secara silsilah (nasab), KH Muhammad Tasmin diyakini tersambung hingga Sunan Drajat. Urutannya: Sunan Drajat – Simbah Arum Bonang – Simbah Kutub – Simbah Sunan Pupus (Abdurrahman, makamnya di Pati sekitar Alun-alun) – Simbah Muhammad Tasmin (Ngroto, Mayong, Jepara).

“Simbah Muhammad Tasmin adalah sosok yang alim, tawadhu dan hidup sederhana di kampung terpencil di Dukuh Kedung Cumpleng, Desa Ngroto di pinggir sungai. “Tidak ada yang tahu secara pasti dulu kediaman Simbah Tasmin di sebelah mana, tetapi yang jelas ada peninggalan masjid yang masih berdiri hingga kini,” jelas Kiai Izzul Ma’ali.

Kiai Izzul Ma’ali menambahkan, selain masid yang telah mengalami beberapa kali renovasi, peninggalan lain Mbah Tasmin adalah sebuah Madrasah Ibtidaiyyah (MI) di depan masjid, yang dulu menjadi salah satu pusat belajar warga. “Bahkan dulu warga dari desa-desa sekitar yang belajar di madrasah tersebut,” katanya. (ros/ adb, rid)

Comments