Di Seminar Parenting Kiat Sukses Menghafal al-Quran MTs Walisongo Pecangaan
Kiai Sahal Mahfudh Bagikan Tips Menghafal al-Quran dari KH M Ulil Albab Arwani

0
970
Seminar parenting bertajuk Kiat Sukses Mengantarkan Anak Berhasil Menghafal Al-Quran digelar oleh MTs Walisongo Pecangaan Jepara

JEPARA, Suaranahdliyin.com – MTs Walisongo Pecangaan Jepara menggelar Seminar Parenting bertajuk “Kiat Sukses Mengantarkan Anak Berhasil Menghafal Al-Qur’an”.

Seminar parenting yang dilangsungkan di Masjid Besar Walisongo pada Sabtu (18/5/2024), ini diikuti peserta didik, guru dan para karyawan serta peserta didik perwakilan dari jenjang SMP, MA, SMK dan SMA Walisongo.

Didaulat sebagai narasumber pada kesempatan itu, khadim al-Ma’had Al-Qur’an Al Mubarok Kabupaten Pati, Kiai Sahal Mahfudh.

Menurut kepala MTs Walisongo Pecangaan, Kiai Achmad Zainudin, seminar parenting ini bertujuan membekali peserta didik, khususnya kelas tahfidh, dalam hal membaca al-Quran secara baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid.

“Di samping itu guna mengistiqamahkan membaca al-qur’an sepanjang hayat, mengamalkan kandungan al-Quran dan memahami nilai-nilai serta akhlak al-Quran (moral knowing),” terangnya.

Diharapkan, ujarnya, pasca mengikuti kegiatan khususnya kelas tahfidh termotivasi untuk menyelesaikan target hafalan minimal 5 juz dalam setahun dan 15 juz sampai lulus MTs.

Di MTs sambung Zainudin terdapat program literasi al-qur’an sebelum KBM. “Literasi al-Quran ini, kami harap sebagai salah satu sarana terjaganya komunikasi dan pendekatan diri kepada Allah dan madrasah mendapat barakahnya,” ungkapnya.

Kiai Sahal Mahfudh, mengutarakan, prasyarat untuk meraih ilmu dan al-qur’an sebagaimana ia kutip dari kitab Ta’lim Mutallim ada 6 yakni cerdas, semangat, sabar, cukup bekalnya, dapat bimbingan guru dan masa belajar yang lama.

Dia pun membagikan tips supaya mudah menghafal al-Quran dari KH M Ulil Albab Arwani. “Pertama, setiap hari sebelum KBM minum madu 1 sendok. Kedua, perbanyak minum air putih. Ketiga, sebelum hafalan baru hafalan sebelumnya dibaca 7 x 3,” katanya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa saat membaca al-Quran harus fokus pada tulisan, semenara kedua tangan memegang mushaf sejajar dengan mata agar tidak mudah mengantuk,” tuturnya yang mengaku masih banyak resep lain lagi untuk menghafal al-Quran. (qim/ ros, rid, adb)

Comments