Ketua MPR RI Dukung Daulat Budaya Nusantara Touring Borobudur to Berlin

0
449
Bambangg Sosatyo saat menerima Daulat Budaya Nusantara di kantor Ketua MPR RI

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI, mendukung rencana touring kebudayaan “Borobudur to Berlin” oleh Daulat Budaya Nusantara.

Touring “Borobudur to Berlin” itu akan dilakukan oleh budayawan Achmad Ibnu Wibowo dengan mengendarai sepeda motor.  Tema yang diusung yaitu “Global Cultural Journey: Spreading Tolerance and Peace”.

Rencananya, touring akan dimulai pada 20 Mei 2024 dari Candi Borobudur, dan akan dilepas langsung oleh Bambang Soesatyo yang tak lain juga menjabat ketua umum Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Touring akan dibagi dalam tiga etape. Fase pertama pada Mei – Oktober 2024. Fase kedua pada Maret – Desember 2025. Sedang fase ketiga pada Februari – Desember 2026, dengan mengunjungi sekira 100 Negara di lima benua.

“Touring ini kental dengan simbol dan makna. Borobudur merupakan salah satu simbol peradaban dan kebudayaan dunia dari Indonesia. Sedang Berlin dengan peristiwa runtuhnya tembok Berlin, merupakan simbol dari runtuhnya perang dingin yang membawa dunia pada kebebasan,” tutur Bambang Soesatyo, Selasa (23/4/24).

Diskusi antara Daulat Budaya Nusantara dengan ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Menurutnya, didampingi KPH Teguh Haryono, KP Benny Z Kurniawan, Achmad Ibnu Wibowo, Much Mucharom, KRT Heris Heryanto dan Faisal, melalui touring ini akan semakin menyuburkan toleransi dan mendorong perdamaian dunia melalui jalur kebudayaan.

“Di setiap Negara yang disinggahi, akan diselenggarakan malam kebudayaan bekerja sama dengan KBRI serta para budayawan dari negara setempat. Maka Daulat Budaya Nusantara bisa menyosialisasikan pentingnya toleransi dan perdamaian sebagai nilai-nilai fundamental,” tuturnya. (ros/ gie, rid, adb)

Comments