Ketua Lakpesdam PCNU Kudus, Mbah Asnawi itu “Arab Digarap Jawa Digawa”

0
535
Dr H Nur Said, ketua Lakpesdam PCNU Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Dukungan terhadap pengusulan KH R Asnawi (Mbah Asnawi) agar dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, makin meluas.

Kali ini, dukungan juga dilayangkan oleh Dr H Nur Said SAg MA, ketua Lakpesdam PCNU Kabupaten Kudus.

Dr H Nur Said menyampaikan, jika para pendiri bangsa menegaskan pentingnya membangun karakter bangsa (nation character building), itu sudah menjadi jalan dakwah para auliya dan ulama di Nusantara ini.

“Dan KHR Asnawi sudah berkomitmen melanjutkan dan menggerakkan itu melalui kesadaran budaya. Istilahnya, ‘Arab digarap Jawa digawa’,” katanya.

Penilaian Dr Nur Said itu berpijak pada fakta, bahwa kendati Mbah Asnawi puluhan tahun mengaji di Arab, namun ketika kembali ke Indonesia, karya-karyanya banyak berbahasa Jawa, aksara pegon,” ujarnya.

Hal itu, lanjutnya menambahkan, yermasuk ketika menulis pesan shoalawat Indonesia Raya Aman, kitab fasholatan, termasuk kitab tentang pentingnya pendidikan perempuan dan anak, juga dalam Bahasa Jawa.

“Ini adalah bagian dari ikhtiar membangun karakter bangsa,” terang Dr Nur Said yang juga kepala Perpustakaan IAIN Kudus itu. (ros/ rid, gie, adb)

Comments