Kemenag RI Launching Buku Ensiklopedia Seni Budaya Islam di Nusantara

0
224
Dirjend Bimas Islam menyerahkan buku Ensiklopedia seni budaya Islam di Nusantara kepada Wamenag RI

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melaunching buku Ensiklopedia Seni Budaya Islam di Nusantara Rabu (28/2/2024). Launching berlangsung dalam acara Rakor Direktorat Penerangan Agama Islam di Jakarta ini ditandai penyerahan buku dari Dirjend Bimas Islam kepada Wakil Menteri Agama (Wamenag) H. Saiful Rahmat Dasuki.

Dalam sambutannya, H Saiful Rahmat Dasuki mengatakan Ensiklopedia Seni Budaya Islam merupakan tonggak bersejarah dalam melestarikan dan menghargai kekayaan warisan budaya Islam di Nusantara.

“Melalui buku ini, kita dapat memperkuat identitas keislaman sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas bangsa Indonesia.” ujarnya.

Saiful mengungkapkan ensiklopedia ini dapat rujukan masyarakat berbagai kalangan untuk mendalami lebih jauh tentang kearifan para pendahulu bangsa dalam meramu kehidupan.

“Ensiklopedia ini bukan hanya sebagai sumber referensi, tetapi juga sebagai wujud komitmen kita untuk mewarisi dan meneruskan nilai-nilai luhur yang telah ditinggalkan oleh para pendahulu kita,” jelas Wamenag.

Pada kesempatan yang sama, Ahmad Zayadi, Direktur Penerangan Agama Islam, mengatakan, perspektif seni budaya dalam memahami ajaran Islam merupakan hal yang penting. Dengan perspektif ini, wajah Islam akan lebih dominan menampakkan sisi keindahan dan harmoni dengan kearifan lokal.

“Islam sangat menghargai dan memandang seni budaya sebagai proses dan eksistensi hidup manusia. Jadi, dalam perspektif Islam, seni budaya bukan hanya sekadar ekspresi artistik, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan kehidupan,” ujarnya.

Ia menerangkan, ensiklopedia setebal dua jilid ini berisi ratusan seni budaya dari berbagai wilayah di Indonesia. Aspek yang ditulis antara lain memuat akulturasi nilai-nilai ajaran Islam dengan kearifan lokal sebagai media dakwah.

“Melalui pendekatan seni budaya, dakwah Islam dibawakan secara ramah, damai, dan harmoni dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia,” terang Zayadi.

Pihaknya berharap, ensiklopedia ini akan menjadi sumber inspirasi, pengetahuan, dan penghargaan terhadap keindahan seni dan budaya Islam di Nusantara.

“Semoga buku ini akan membantu kita memahami sejarah, nilai, dan pesan yang terkandung dalam seni budaya bangsa, serta memberikan wawasan yang mendalam tentang harmoni budaya yang telah kita ciptakan,” harapnya.

Sementara itu, Wida Sukmawati, Kepala Subdirektorat Seni Budaya dan Siaran Keagamaan Islam, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang menyiapkan tim untuk menyusun naskah buku Ensiklopedia Arsitektur Islam dan Sastra Islam di Nusantara.

“Semoga naskah-naskah seni budaya Islam yang kami terbitkan ini memperkuat identitas bangsa, sehingga menjadikan masyarakat semakin religius, beradab, dan berbudaya,”pintanya.(rls/adb)

Comments