KBPW Bagikan 100 Unit Padhasan di Penutupan Festival Hujan

0
149
Pembagian padasan kepada warga

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) menutup rangkaian acara Festival Hujan dengan bagi-bagi 100 unit Padhasan kepada warga, Ahad (27/12/20). Pembagian itu dilakukan secara langsung diantar ke rumah masing-masing warga penerima.

Koordinator KBPW, Muchammad Zaini, mengatakan, program ini dilakukan dalam rangka fasilitasi pemajuan kebudayaan desa. Ia menceritakan bahwa masyarakat Piji Wetan memiliki budaya sedekah padasan di setiap rumah.

“Ini langkah pertama kami untuk melestarikan budaya sedekah padasan itu lagi,” ungkapnya.

Zaini menambahkan, fasilitasi pemajuan budaya ini disponsori oleh salah satu pegawai pada Dinas Kebudayaan Kabupaten Kudus. Harapannya ini akan bisa membawa keberkahan dan manfaat kepada masyarakat secara luas.

“Tidak hanya untuk warga Kampung Budaya Piji Wetan saja, tapi semua boleh menggunakan air dari Padhasan tersebut,” jelas Zaini.

Selain acara ini, banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara virtual selama sepekan sebelumnya. Di antaranya, Druju River Art, Haul Gus Dur, Pentas Musikalisasi Puisi “Banyu Bunyi” dan pentas teater rakyat “Legenda Belik Ngecis”. (gie, rid/ adb)

Comments