Nanda Fatimatuz Zahro
Kader IPPNU Kudus Raih Juara I Baca Puisi Peksimida

0
476
Nanda Fatimatuz Zahro/ Foto: istimewa

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Nanda Fatimatuz Zahro, Kader IPPNU Kudus yang juga Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) berhasil menyabet juara I dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2022 di Universitas Pancasakti Tegal, Sabtu (27/8/2022) lalu.

Nanda -sapaan akrabnya aktif di IPPNU Kudus sekaligus ketua PAC IPPNU Kecamatan Gebog- berhasil menyisihkan 39 peserta dari perwakilan berbagai kampus di Jawa Tengah. Dalam Peksimida ini, dia berhasil meraih juara I kategori lomba baca puisi.putri, sehingga berhak melaju di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVI yang akan dilaksanakan Oktober mendatang di Universitas Brawijaya, Malang.

Nggak menyangka dapat juara I, ikut lomba saja sudah senang. Perasaan tangis, bahagia, syukur, jadi satu,” katanya dalam siaran pers yang diterima Suaranahdliyin.com, Selasa (30/8/2022).

Putri pasangan Farichin dan Firdausiyah ini mengaku, ikut lomba persiapannya hanya dua pekan saja. “Sebelum lomba saya persiapan hanya dua pekan. Saya latihan tujuh sampai delapan kali didampingi Bapak Mohammad Kanzunnudin,” terang perempuan kelahiran 17 Agustus 2002 itu.

Terkait debut yang akan dilakoninya dalam Peksiminas mendatang, kakak dari Anisa Fitriana dan Muhammad Fans Abdillah ini menyatakan hanya ingin berusaha yang terbaik. “Saya berharap semoga di Peksiminas nanti, bisa menampilkan yang terbaik, dan bisa membawa nama baik UMK dan Jawa Tengah,” kata remaja putri asal RT 4 RW II Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kudus.

Dia mengemukakan, prestasi yang didapatnya ini, bukanlah pertama kali yang didapatnya. Sebab, alumnus MA NU Banat Kudus ini juga pernah menyabet juara I Baca Puisi Bambang Sadono Tingkat Kabupaten Kudus, Juara I Baca Puisi memeringati Bulan Bahasa, Juara I baca Puisi Porsema tingkat Kabupaten, Juara I pidato Bahasa Jawa Kwarcab Kudus, Juara III Geguritan Kwarcab Kudus, dan Juara I Musabaqoh Syarkhil Qur’an (MSQ).

Sejak SD Ia pun sudah pernah meraih berbagai kejuaraan diantaranya  Juara I Khitobah tingkat kecamatan Nalumsari. Ia pertama kali ikut lomba baca puisi saat kelas IV SD, yaitu ikut lomba baca puisi tingkat kecamatan Nalumsari Jepara dan meraih juara I.

Dr Irfai Fathurohman, Kaprodi PBSI UMK, mengaku bangga atas prestasi mahasiswanya itu. “Prodi PBSI bangga dengan prestasi mbak Nanda dalam Peksimida 2022 ini. Awalnya, prodi memutuskan mengirim satu mahasiswa PBSI FKIP UMK untuk mengikuti lomba baca puisi, dengan konsep pelatihan oleh Dr Mohammad Kanzunnudin, MPd. Kami percaya mbak Nanda mampu berprestasi dan menampilkan yang terbaik di lomba tersebut,” ujarnya. (rls/ ahsin, ros, luh, adb)

 

Comments