Isi Ramadan, Santri Al-Mawaddah Kudus Bergilir Kultum Ba’da Tarawih

0
562
Kuliah tujuh menit (Kultum) santri Pesantren Al-Mawaddah Kudus untuk mengisi kegiatan Ramadan

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Untuk mengisi kegiatan Ramadan, pengurus Pesantren Al-Mawaddah Kudus memiliki berbagai program pembinaan dan pengembangan skill untuk para santri. Salah satunya dengan tampil secara bergilir menyampaikan mauidhah hasanah dalam acara Kuliah selama tujuh menit (Kultum) setelah sholat Tarawih.

Penampilan kultum untuk santri Al-Mawaddah dilakukan secara bergilir sesuai jadwal yang telah di buat pengurus pesantren. Program kultum ini sangat penting buat pengembangan public speaking para santri dan juga sebagai syiar islam di bulan suci ramadhan.

Pengurus  pondok Al-Mawaddah, Muhammad Maliul Munif mengatakan program kultum santri ini merupakan program  khusus setiap bulan Ramadan tepatnya setelah salat tarawih.

Sebelum santri tampil kultum tersebut apalagi sebelum program ini dilaksanakan. ada arahan langsung oleh pengasuh Pesantren Al-Mawaddah Kudus KH Sofiyan Hadi.

“Kegiatan ini supaya diniatkan syiar di bulan Ramadan untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat sebab setiap kultum tersebut juga di unggah  di channel youtube pondok ElMawaTV jadi bisa dilihat secara public sehingga meramaikan sosial media ,” katanya.

Setiap jadwal permalam ada dua santri, untuk jumat (24/3/2023) yang menyampaikan kultum yaitu Diah Ayu Kusumawati (Demak) dan Fina Eva Riyanti (Rembang). Masing-masing tampil dalam waktu tujuh menit di atas panggung aula dengan mimbar yang telah di siapkan  serta di video supaya nanti diunggah channel youtube pondok.

Kegiatan yang dimulai 2-17 Ramadan 1444 di Aula pesantren Al-Mawaddah Kudus yang diikuti 40 santri.

Melalui kegiatan kultum ini, pengasuh berharap nanti santri menguasai skill public speaking kemudian niatkan syiar islam bulan ramadhan dan juga bermanfaat bagi bermasyarakat dan penonton youtube.(hafidz/adb)

Comments