Haul Mbah Rogomoyo, Santuni 68 Anak Yatim

0
203
Ketua PRNU Kaliwungu H. Noor Yadi menyerahkan santunan yatim dalam peringatan Haul Mbah Rogomoyo

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Sebagai rangkaian acara Haul Mbah Rogomoyo, masyarakat dukuh Winong memberikan santunan yatim berlangsung di Masjid Jami’ Al-Aziz dukuh setempat, Senin (9/9/2019) kemarin. Sebanyak 68 yatim menerima santunan berupa 4 amplop uang tunai dan satu bingkisan

 

Ketua panitia Nurul Abidin mengatak santunan yatim ini merupakan kegiatan rutin sebagai rangkaian peringatan haul mbah Rogomoyo yang berlangsung 7-13 September.  Santunan uang tunai yang dibagikan kepada yatim berasal dari panitia haul, Pengurus NU dan Banom dan para aghniya.

“Melalui santunan pada Yaumul Asyuro , semoga mampu menumbuhkan empati terhadap yatim piatu,”ujarnya.

Ketua PRNU Kaliwungu H. Noor Yadi menjelaskan momentum haul Mbah Rogomoyo yang dikenal sebagai penyebar agama Islam sekaligus arsitek bangunan rumah adat Kudus ini diperingati dengan membangun tiga nilai relegiusitas, sosial kemasyarakatan dan hiburan bagi desa kaliwungu dan sekitarnya.

“Karenanya kegiatannya sangat variatif, mulai ekspo, pentas seni,khataman al qur’amn, ganti luwur, kirab dan pengajian umum,”ujarnya.

Pengurus Masjid Al-Aziz H. Zainal Arifin mengapresiasi  kegiatan ini. Ia mengharapkan pelaksanaan haul mbah Rogomoyo yang didalamnya terdapat santunan yatim piatu tetap dilestarikan. Apalagi ini berbarengan dengan malam 10 Muharram.

“Malam 10 syuro adalah malam kasih sayang sebagaimana Nabi Adam dipertemukan dengan ibu Hawa di atas gunung rahmah. Semoga Allah memberikan kasih sayang kepada kita,Amin,”ujarnya.

Untuk rangkaian acara haul mbah Rogomoyo pada hari Kamis (12/9/2019) Khatmil Qur’an bil ghaib, pementasn Teater, pergantian  luwur  dan parade oncor. Sebagai puncak haul diadakan Kirab budaya dan visualisasi Haul serta Pengajian umum pada Jum’at (13/9/2019).(adb/ros)

Comments