Hadapi Bonus Demografi, Ansor Cianjur Didorong Lebih Kreatif- Inovatif

0
219
Pengurus Ansor Cianjut sowan silaturahim lebaran kepada ketua PCNU setempat

CIANJUR,Suaranahdliyin.com – Dalam momentum lebaran, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur  mengadakan road show berupa Halalbihalal, kopdar (kopi darat), ngaliwet (makan bersama), dan sowan kiai sepuh NU setempat,Jum’at (28/5/2021).

Para kiai yang disowani antara lain Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCCN) Cianjur KH Kamali Abdul Ghani dan ketua PCNU Cianjur KH M. Choirul Anam MZD.

Dalam nasehatnya, KH M. Choirul Anam MZD mengatakan Ansor harus siap menghadapi bonus demografi yakni banyaknya usia produktif di Indonesia khususnya di Kecamatan Karangtengah yang kini penduduknya berjumlah 148.891 orang. Salah satunya, kader-kader GP Ansor harus mampu melahirkan ide-ide kreatif dan inovasi untuk menghadapi generasi Emas Indonesia 2045.

“Salah satu peluang strategisnya adalah angkatan kerja usia produktif di berbagai bidang seperti industri, kesehatan, pendidikan, pertanian, ekonomi, budaya dan yang lainnya,” ujarnya.

Hal ini sama dengan harapan Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Cianjur KH Kamali Abdul Ghani, bahwa GP Ansor. DIkarakan,  Karangtengah harus menjadi bagian dari solusi kegelisahan masyarakat atas berbagai permasalahan. Ansor harus mampu memecahkan masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Masalah kemiskinan yang semakin meningkat membutuhkan pemecahan dan penanggulangan karena dapat meningkatkan kriminalitas dan masyarakat bergizi buruk,” jelasnya.

Ketua PAC GP Ansor Karangtengah Giyas Fahrudin menjelaskan kegiatan road show ini bertujuan untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Insaniyah dan ukhuwah Wathoniyah. Ia menandaskan Ansor akan siap bergerak melakukan perubahan dan kebaikan memperkuat nilai-nilai ke-NU-an, ke-Islaman dan keIndonesiaan yang lebih baik.

“Alhamdulillah banyak anak-anak muda NU yang merespon sangat baik dan para kiai memberikan apresiasi positif,”tegasnya.

Usai sowan, agenda ditutup dengan kopdar persiapan agenda kegiatan selanjutnya dan makan liwet dengan menu ala santri ikan asin, tahu-tempe, sambal, dan lalap dengan lahap.(Wandi Ruswannur/adb)

Comments