Habib Luthfi : Tumbuhkan Fanatisme Terhadap Indonesia

0
747

CILEDUG, Suaranahdliyin.com – Rais Aam Jam’iyyah Ahli Thariqah Mu’tabarah an-Nahdliyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya meminta agar masyarakat menumbuhkan fanatisme terhadap Indonesia. Demikian itu disampaikan Habib Luthfi dalam acara Gema Kebangsaan untuk Negeri di Bundaran Tugu Cirebon Timur, Jatiseeng, Ciledug, Cirebon, Selasa (05/07/22) malam.

Menurut Habib Luthfi, menumbuhkan fanatisme terhadap tanah air bisa dimulai dari mencintai produk dalam negeri. Termasuk daripada itu masyarakat harus percaya diri terhadap hasil bumi yang ada di Indonesia.

“Kalau saya tanya kontribusi terlalu tinggi lah, dari yang terkecil saja, bagaimana kita menyebut produk hasil bumi kita,” kata Habib Luthfi.

Maaf sering saya sampaikan, imbuh Habib Luthfi, jambu itu kalau sudah di pasar sering disebut Jambu Bangkok, padahal tumbuh dan besar di Indonesia.

“Ayo mulailah diubah sedikit demi sedikit. Sebut saja Jambu Bogor, Jambu Cianjur atau darimana ia berasal. Supaya nama daerahnya terangkat. Begitu pula produk yang lain,” sebut Habib Luthfi.

Selanjutnya, Ketua Forum Sufi Dunia ini menyampaikan bahwa bangsa dan negara Indonesia ini adalah tanggung jawab bersama. Bukan hanya oleh TNI-POLRI saja, bukan pula tanggung jawab pemerintah atau ulama saja.

“Seperti malam ini, luar biasa, ada ulama, habib, TNI-POLRI, pemerintah dan rakyat berkumpul, kompak. Sebagai bukti hidupnya persatuan bangsa, semoga bisa dicontoh daerah lain,” katanya.

Habib Luthfi juga mencontohkan bagaimana para wali dan ulama terdahulu membangun bangsa ini. Bahkan sampai di alam kubur pun mereka masih mampu menghidupi. Termasuk mengumpulkan orang dari berbagai latarbelakang, menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

“Maka, ayo, tanah air yang besar ini kita syukuri. Kita rawat sebagai tanggungjawab kita bersama untuk menjadi perekat bangsa, menjaga kebhinekaan dan persatuan,” ajaknya menegaskan.(rid/ros)

Comments