H Arief Rohman: Kudus Barometer NU dan Pagar Nusa di Jawa Tengah

0
176
H Arief Rohman, ketua PW PSNU Pagar Nusa Jawa Tengah dalam sambutannya pada Konfercab ke – IV Pencak Silat Pagar Nusa di Kudus, belum lama ini

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Kabupaten Kudus sejatinya termasuk salah satu barometer Nahdlatul Ulama (NU) dan Pencak Silat NU Pagar Nusa di Jawa Tengah. Tak pelak, Pagar Nusa di Kota Kretek pun berkembang dengan baik pembinaan dan regenerasinya.

Demikian disampaikan H Arief Rohman, ketua PW PSNU Pagar Nusa Jawa Tengah dalam sambutannya pada Konferensi Cabang (Konfercab) ke – IV Pencak Silat Pagar Nusa di SMA NU Al-Ma’ruf, Ahad (26/9/2021) lalu.

Dia menyampaikan, keberadaan Pagar Nusa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Kudus, sehingga bisa menjadi contoh bagi (daerah) yang lain, baik di Jateng maupun Indonesia secara umum. Terlebih, Pagar Nusa Kudus telah meraih banyak prestasi yang membanggakan.

“Meski sudah meraih banyak prestasi, namun tetap harus tingkatkan dan pembinaan dilakukan terus menerus. Salah satu mimpi saya, yaitu bisa menyelenggarakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pagar Nusa di Kudus,” tegas H Arief Rohman yang juga Bupati Kabupaten Blora itu.

Dikatakan lebih lanjut, Pagar Nusa merupakan penjaga para ulama dan kiai, yang sekaligus hadir sebagai wadah pengkaderan di NU dan wadah generasi muda mengukir prestasi. Ketika generasi berpestasi, maka ke depannya kader NU bisa memberikan kontribusi di masyarakat.

“Pembinaan dan prestasi menjadi hal yang sangat penting bagi kader Pagar Nusa. Maka keberadaan Pagar Nusa, khususnya di Kudus, pembinaannya harus ditingkatkan. Terlebih lagi, kita sudah merambah di tingkat sekolah, perguruan tinggi dan pondok pesantren (ponpes),” lanjutnya.

Sementara ketua Pagar Nusa Kudus, KH Khusnul Khitam Qosim (Gus Khusnul), menyampaikan, prestasi dan kegiatan Pagar Nusa di Kota Kretek telah berjalan dengan baik. Selama lima tahun berkhidmah, PC Pagar Nusa Kudus yang dulunya di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) masih di peringkat hampir bawah, kini sudah bisa sejajar dan mendapat peringkat tertinggi,” tuturnya.

Tak hanya itu. Pada Kejuaraan Daerah (Kejurda), tambahnya, Pagar Nusa Kudus juga belum pernah terkalahkan dan selalu menjadi juara umum di Jateng dan DIY. “Pada Porsema di Malang dan Pekan Pesantren tingkat Nasional, alhamdulillah juga berhasil mendapat medali emas,” ujarnya. (umi zn/ ros, adb)

Comments