Gus Muh Ajak Kader IPNU-IPPNU Selesaikan Masalah Pelajar Secara Ilmiah

0
1422
KH Muhammad Alamul Yaqin mengisi acara Lakmud IPNU-IPPNU Jekulowes

KUDUS, Suaranahdliyyin.com – Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo KH. Muhammad Alamul Yaqin, M.H. mengajak kader IPNU-IPPNU menyelesaikan permasalahan pelajar secara ilmiah. Hal itu ia sampaikan saat menjadi nara sumber dalam acara Latihan Kader Muda (Lakmud) IPNU-IPPNU Jekulo di MTsNU Nurul Ulum setempat, belum lama ini.

Kiai muda yang biasa disapa Gus Muh ini mengatakan kader-kader IPNU-IPPNU harus bisa menjadi agen penyelesaian masalah pelajar dengan mencetuskan ide-ide kreatif melalui cara ilmiah.

“Caranya, identifikasi masalah dalam lingkup pelajar ( wilayah Jekulo) yang muncul, lalu mendiskusikan penyelesaian masalah tersebut secara bersama-sama.”ujarnya.

Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Lakmud IPNU-IPPNU Jekulo Tanpa Menginap

Dengan menyampaikan materi Scientific Problem Solving (SPS), Kepala MtsNU Nurul Ulum Jekulo ini mengingatkan kader IPNU-IPPNU berpikir runtut dalam menyelesaikan suatu masalah. Ia menjelaskan beberapa langkah dalam penyelesaian suatu masalah secara Ilmiah.

“Kita harus mencari permasalahannya terlebih dahulu. Setelah itu baru melaksanakan musyawarah atau voting dengan mempertimbangkan skala prioritas bukan skala minoritas,”jelas Gus Muh sapaan akrabnya.

Dalam mencari solusi, imbuh Gus Muh,  harus mengingat masalah besar yang akan diselesaikan. Kemudia menyiapkansumber daya yang dimiliki dan merencanakan langkah serta program yang akan dilaksanakan.

“Setelah itu, kita dapat melaksanakan penyelesaian masalahnya,”tandasnya.(zam/adb)

Comments