New Normal
Guru PAI Diharap Jadi Penggerak PJJ

0
405
Guru PAI di Kabupaten Demak mengikuti workshop, kemarin

DEMAK, Suaranahdliyin.com – Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti menjadi salah satu penggerak yang berada di garda depan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada situasi pandemi Covid – 19.

Di Kabupaten Demak, ini di antaranya ditandai dengan keberhasilan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI yang gawangi oleh Syaekudin S.Ag. M.Pd.I., guru PAI SMP Negeri 1 Kebonagung, yang menggelar workshop Peningkatan Kompetensi GPAI dalam Implementasi PJJ menyongsong Tahun Pelajaran 2020/2021. Workshop digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak, Selasa – Rabu (7-8/7/2020).

Plt. Kepala Dindikbud, Drs. Eko Pringgolaksito M.Si., mengapresiasi positif workshop, dan berharap bisa diikuti guru mata pelajaran (mapel) lain.  “Kegiatan seperti ini bagus sekali untuk memberikan dorongan kepada guru mapel lain melaksanakan kegiatan serupa. Ini sudah sering dilaksanakan guru PAI sebelum situasi pandemi. Dan ini pas sekali dalam situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia pun meminta worskhop digelar tidak sekadar formalitas semata. “Harus ada follow up dan implementasinya di lapangan, sehingga dapat dirumuskan pembelajaran yang efektif, karena selama ini jika melihat PJJ juga kurang efektif,” singgungnya.

Ditambahkannya, di era pandemi, guru PAI maupun guru lainnya, harus bisa melaksanakan blanded learning. “Maksudnya, ada campuran antara PJJ ditambah dengan pembelajaran yang sifatnya tatap muka. Tetapi harus menggunakan media dan metode yang mengedepankan protokol kesehatan,” pesannya.

Kasi PAIS Kantor Kemenag Kabuaten Demak, H. Azhar Wibowo S.Pd. M.H., menekankan, bahwa PJJ menjadi suatu yang niscaya di saat pandemik. “Guru PAI kami harap jadi pelopor dalam pembelajaran di era new normal,” katanya.

Dan untuk itu, lanjutnya menambahkan, penguasaan teknologi menjadi keharusan bagi guru PAI dalam pembelajaran di tengah merebaknya virus Corona (Covid – 19).

“Sudah seharusnya guru PAI menguasai teknologi informasi, sehingga bisa menggerakkan pembelajaran yang efektif dan efisien,” ujarnya dalam workshop yang dihadiri Sekretaris Dindikbud Kabupaten Demak, Drs. Subkhan MM. dan lengawas PAI, Endah Sulistyawati S.Ag M.Pd.I.

Sementara itu, sejumlah trainer dalam workshop tersebut adalah Drs. Mushonef M.Pd.I, Syaekudin S.Ag M.Pd.I. dan Parjono S.Pd.I. Sedang materi yang disampaikan antara lain aplikasi google classroom, google drive, aplikasi Zoom dan KTA AGPAII Digital, dan RPP digital sesuai konteks PJJ di era new normal. (rls, gie, mail, luh/ her, ros, adb, rid)

Comments