Untuk Siapkan SDM Unggul
FAI Unwahas – AGPAII Jateng Tanda Tangani MoU

0
275
Foto bersama antara pimpinan FAI Unwahas dan AGPAII Jateng usai penandatanganan Mou

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim (FAI Unwahas) Semarang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan DPW Asosiasi Guru PAI Indonesia (AGPAII) Jateng, Senin (24/8/2020) kemarin. Penandatanganan dilakukan di Laboratorium Microteaching Unwahas.

Dr. H. Nur Cholid, M.Ag., M.Pd, Dekan FAI Unwahas, menyampaikan, kerja sama meliputi penyelenggaraan seminar, lokakarya, dialog pendidikan, pengembangan jaringan informasi, penelitian, pengembangan masyarakat, dan penulisan jurnal ilmiah.

“FAI Unwahas sekarang, telah mempunyai Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3, yang konsens untuk pengembangan PAI unggulan di Indonesia,” terangnya.

Dalam publikasi ilmiah, Unwahas mempunyai tiga jurnal, yaitu Jurnal Progress, Magistra, dan Iqtishod. “Ini bisa dimanfaatkan guru PAI yang tergabung dalam AGPAII untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan,” tambahnya.

Langkah nyata dari kerja sama ini, terangnya, Unwahas dan AGPAII Jateng akan menyelenggarakan workshop implementasi pembelajaran PAI pada masa adaptasi baru berbasis android bagi guru PAI di semua jenjang di sekolah, juga pengawas.

“Workshop angkatan I sebanyak 156 peserta dari Kabupaten Pati. Setelah ini, akan dilanjutkan peserta dari kabupaten/ kota lain di Jateng,” ungkapnya.

Direktur Pascasarjana Unwahas, Prof. Dr. H. Mudzakir Ali, mendukung kerja sama antara FAI Unwahas dan AGPAII Jateng. “Harapannya, bisa bersama-sama membangun sumber daya manusia (SDM),” tuturnya.

Sedang Ketua DPW AGPAII Jateng, Dr. Muhammad Ahsan M.Kom didampingi Sekretaris AGPAII Jateng, Hery Nugroho, M.S.I., M.Si, mengemukakan, workshop berbasis android digelar dengan tujuan menyiapkan guru PAI pada semua jenjang menggunakan HP android di era adaptasi baru.

“Materinya adalah eksplorasi fitur-fitur KTA AGPAII Digital, penyusunan RPP 3 komponen menggunakan aplikasi RPP AGPAII Digital, pembuatan media pembelajaran berbasis android, penyusunan instrumen penilaiain PAI dengan aplikasi Penilaian AGPAII Digital, dan tugas mandiri,” ujarnya. (rls/ adb, ros, rid)

Comments