GP Ansor Wonosobo Dukung Penganugerahan Gelar Pahlawan Mbah Kholil Bangkalan

0
203
Tomo, ketua PC GP Ansor Wonosobo

WONOSOBO, Suaranahdliyin.com – Dukungan demi dukungan terus mengalir, terhadap pengusulan Syaikhona Kholil Bangkalan (Mbah Kholil) untuk dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah Indonesia.

Kali ini, dukungan datang dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Wonosobo. Topo SKomI,  ketua PC GP Ansor Kabupaten Wonosobo, menyatakan, bahwa Mbah Kholil Bangkalan sangat layar dianugerai gelar Pahlawan Nasional.

“Sudah selayaknya bangsa Indonesia melalui pemerintah saat ini, mengangkat (menganugerahi) Mbah Kholil Bangkalan sebagai Pahlawan Nasional. Beliau adalah guru dari para guru bangsa ini,” tegasnya.

Disampaikannya, Mbah Kholil Bangkalan adalah sosok kiai yang kiprahnya untuk bangsa ini sangat besar. “Mbah Kholil Bangkalan telah mendidik banyak santri, yang kemudian menjadi kiai yang menggerakkan perjuangan melawan penjajah,” katanya.

Selain itu, dalam pendirian organisasi Nahdlatul Ulama (NU), juga tak lepas dari peran Mbah Kholil Bangkalan. “Atas restu Mbah Kholil Bangkalan juga, salah satunya, NU berdiri mengawal perjuangan para ulama mempertahankan aidah ahlussunnah wal jama’ah (Aswaja) dan memperjuangkan agar Indonesia merdeka,” tegasnya. (bejo/ adb, ros, rid)

Comments