Peduli Tuntaskan Wajib Belajar 12 Tahun
GP Ansor Welahan Jepara Buka Program Kejar Paket

0
246

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Welahan Kabupaten Jepara dalam rangka mewujudkan wajib belajar 12 tahun membuka penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023 program kejar paket B dan C.

Program kejar paket tersebut merupakan rintisan PAC GP Ansor Welahan masa khidmah 2021 – 2023 untuk masyarakat yang membutuhkan khususnya generasi muda NU yang kurang mampu dan putus sekolah.

Ketua PAC GP Ansor Welahan, Zainal Muttaqin, menyampaikan, program ini dirintis bermula dari keprihatinan rendahnya tingkat kesadaran terhadap pendidikan di tengah-tengah masyarakat. “Masih banyaknya anak-anak usia muda 12 – 20 tahun yang belum tamat SLTP dan SLTA. Rata-rata dikarenakan terdesak kebutuhan dan tidak mampu,” katanya.

Dia menambahkan, anak-anak yang sudah mampu membaca dan menulis sudah dianggap cukup sehingga tak perlu lagi sekolah dan lebih baik membantu perekonomian keluarga.

Di samping itu lanjut pria yang akrab disapa Zainal pendidikan tinggi hanya untuk orang yang mampu saja. “Maka tidak heran jika di Jepara masih cukup besar angka pekerja anak,” lanjutnya.

Ditanya tentang tujuan, ia menjelaskan yakni untuk mengurangi angka pekerja anak, meningkatkan kesadaran wajib belajar 12 tahun, dan membuka peluang sarjana muda NU untuk mengabdi di bidang pendidikan.

Pendaftaran program dimulai 7 – 31 Juli 2022. Untuk target tahun pertama 1 rombel untuk paket B (SLTP) dan 1 rombel paket C (SLTA). Masing-masing rombel terdiri dari 20 peserta didik.

“Untuk lokasi pembelajaran berlangsung di pesantren Manbaurrobbaniyah Kalipucang Wetan. Sedang pembelajaran sepekan berlangsung tiga kali,” terang mantan relawan PPA PKH ini.

Perlu diketahui program tersebut bekerja sama dengan SKB Jepara. Sehingga tutor selain dari SKB juga melibatkan sarjana muda NU yang ada di Kecamatan Welahan. (sm/ ros, adb, rid)

Comments