Gebyar PKH, Plt. Bupati Kudus Berikan Motivasi Kepada Ribuan Warga

0
957
Plt. Bupati Kudus H. M. Hartopo saat memberikan sambutan pada acara Gebyar PKH di Lapangan Merdeka, Klaling, Jekulo, Ahad (26/01/2020)

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Plt. Bupati Kudus H. M. Hartopo, ST, MM, MH memberikan motivasi hidup dan semangat kepada ribuan penerima bantuan sosial PKH se-Kecamatan Jekulo. Ia membeberkan kehidupan masa kecilnya yang menginspirasi dalam acara Gebyar PKH di Lapangan Merdeka Desa Klaling, Jekulo, Ahad (26/01/2020).

“Jangan putus asa, saya ingin support kalian semua sebab ini adalah misi ibadah,” kata Hartopo.

Selanjutnya, ia menceritakan pengalaman hidupnya di masa lalu. Sejak kecil, kata dia, sudah hidup mandiri demi memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sekolah. Waktu itu belum ada bantuan sosial PKH seperti sekarang ini.

“Saya adalah orang paling miskin di Desa Pasuruan Lor. Saya pernah mencari keong sawah, jadi buruh tani hingga pembantu rumah tangga. Sekolah juga pindah-pindah sebab saking tidak punya uang,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, teruslah bekerja keras diimbangi dengan ketaatan ibadah yang kuat kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai kepercayaan masing-masing. Menurutnya, kerja keras seseorang itu akan dilihat oleh Tuhan sebagai amal yang menyebabkan ridla dan rahmat-Nya mengucur deras berupa rezeki.

“Teruslah kerja keras, ibadah yang tekun. Bagi yang beragama Islam, misalnya, jangan sampai meninggalkan salat. Nanti Tuhan yang menilai, apakah sudah pantas ataukah belum,” ujar Hartopo.

Pada kesempatan itu, Hartopo kemudian mengucapkan terima kasih kepada para pendamping sosial PKH, utamanya yang ada di Kecamatan Jekulo. Menurutnya, mereka adalah orang-orang tidak pernah lelah mendampingi, memberi manfaat untuk menjadikan masyarakat bisa mandiri dan berdaya.

“Dengan adanya kelompok pendamping dan pelaku ini lah yang nanti akan jadi pahlawan kesejahteraan, terutama di Kecamatan Jekulo,” sebutya.

Gebyar PKH kali ini lebih istimewa sebab seluruh pembiayaan adalah murni dari pengelolaan sampah dan sponsor yang dikelola oleh kelompok PKH Jekulo. Dana tersebut juga disalurkan kepada kelompok disabilitas, yatim dan dhuafa.

Koordinator Kabupaten PKH, Habib Rifa’i menjelaskan teknisnya, selama dua bulan terakhir ini kelompok penerima se-Kecamatan Jekulo mengumpulkan serta mengelola sampah untuk didaur ulang dan dijual.

“Selama dua bulan bisa mengumpulkan 21 juta dari sampah yang dimanfaatkan untuk acara gebyar PKH dan bantuan sosial untuk kaum difabel, yatim dan dhuafa,” jelas Habib.

Sementara itu, koordinator pendamping sosial PKH kecamatan Jekulo Indah Rahmawati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara Gebyar PKH Kecamatan Jekulo. Indah juga mengapresiasi peran 2.788 KPM (keluarga penerima manfaat) yang mengumpulkan serta mengelola sampah sehingga bisa memberi santunan kepada orang lain. Seperti diketahui, dalam acara tersebut PKH Kecamatan Jekulo memberikan bantuan sosial kepada 27 dhuafa, 40 yatim dan 5 penyandang disabilitas.

“Terima kasih juga kepada semua pihak yang mendukung acara ini, semoga semakin berkah dan bermanfaat,” harap Indah. (rid/ ros, adb)

Comments