Gebyar PKH, 27 Dhuafa, 40 Yatim dan 5 Difabel Terima Santunan

0
254
Plt. Bupati Kudus H. M. Hartopo secara simbolis memberikan penghargaan kepada KPM yang telah graduasi

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Sebanyak 27 Dhuafa, 40 anak yatim dan 5 penyandang disabilitas menerima bantuan sosial dari para KPM PKH se-Kecamatan Jekulo. Bantuan itu berupa dana, alat tulis, sembako dan alat-alat difabel.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Plt. Bupati Kudus HM Hartopo ST, MM, MH di Lapangan Merdeka Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, Ahad (26/01/2020).

Koordinator PKH Kabupaten Kudus, Habib Rifa’i menyatakan gebyar PKH kali ini lebih istimewa sebab seluruh pembiayaan dan santunan adalah hasil dari pengelolaan sampah dan sponsor yang dikelola oleh kelompok PKH Jekulo. Dana tersebut juga disalurkan kepada kelompok disabilitas, yatim dan dhuafa.

Habib menjelaskan teknisnya, selama dua bulan terakhir ini kelompok penerima se-Kecamatan Jekulo mengumpulkan serta mengelola sampah untuk didaur ulang dan dijual.

“Selama dua bulan bisa mengumpulkan 21 juta dari sampah yang dimanfaatkan untuk acara gebyar PKH dan bantuan sosial untuk kaum difabel, yatim dan dhuafa,” jelas Habib.

Sementara itu, Plt. Bupati Kudus H. M. Hartopo, ST, MT, MH memberikan motivasi hidup dan semangat kepada ribuan penerima bantuan sosial PKH se-Kecamatan Jekulo. “Jangan putus asa, saya ingin support kalian semua sebab ini adalah misi ibadah,” kata Hartopo.

Sampai saat ini penerima bantuan sosial PKH Kudus di Kecamatan Jekulo mencapai 2.788 keluarga. Sedangkan dalam kurun waktu 2013-2019 kecamatan Jekulo sudah meluluskan (graduasi) sebanyak 788 keluarga.

Graduasi sendiri adalah istilah untuk keluarga penerima bantuan sosial PKH yang telah mencapai taraf mandiri sehingga sudah tidak berhak lagi menerima bantuan. (rid/ adb, ros)

Comments