Gandeng LPM Paradigma, MA NU Hasyim Asy’ari 3 Belajar Manajemen Media

0
200
Siswa-Siswi MA NU Hasyim Asy’ari 3 berfoto bersama pemateri dari LPM Paradigma IAIN Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – OSIS MA NU Hasyim Asy’ari 3 belajar manajemen media bersama LPM Paradigma IAIN Kudus dalam Latihan Dasar Jurnalistik (LDJ). Mengambil tema “Bersinergi Membangun Jurnalis Muda” acara berlangsung  di aula MA NU Hasyim Asy’ari 3, Hongosoco, Jekulo, Jumat (14/02/2020).

Pimpinan Umum LPM Paradigma, Muhammad Nur Ulyanuddin, menjelaskan, manajemen media menjadi sebuah materi awal yang penting untuk diketahui peserta LDJ. Menurutnya, manajemen media penting diketahui jurnalis muda di tingkatan sekolah agar tahu proses publikasi informasi, mulai dari lapangan hingga terbit menjadi sebuah konten media dan dipasarkan.

“Para peserta harus tahu dulu cara mengelola media sebelum ia menulis di media dan dalam hal ini materi difokuskan pada media cetak,” jelasnya.

Menurutnya, manajemen media cetak meliputi tiga bidang utama yakni redaksi, iklan, dan pemasaran.”Peserta kami fokuskan untuk membuat susunan redaksi majalah karena memang mereka berharap ada output majalah setelah ini,” kata Ulyan.

Sementara itu, Pembina OSIS MA Hasyim Asyari, Muhammad Sholikin, menargetkan,  pelatihan ini bisa menjadi langkah pertama dalam pembuatan majalah sekolah. Pemahaman mengenai ilmu jurnalistik penting dimiliki oleh seorang pelajar agar juga bisa mengisi ruang literasi, baik cetak maupun online.

“Harapanya agar para peserta bisa memahami dan merealisasikan materi sehingga bisa membuahkan banyak karya literasi yang mencerahkan,” harap Sholikin. (Umi ZN/rid)

Comments