Ferhadz Ammar Ulas Tiga Kewajiban Santri

0
756
Alumni madrasah TBS Kudus di Yogyakarta menggelar gathering, baru – baru ini.

YOGYAKARTA, Suaranahdliyin.com – Sejak Senin (17/9/2019) lalu, pengurus Forum Alumni Madrasah TBS (FORMAT), mengundang via broadcast WhatsApp jajaran alumni Madrasah TBS di Yogyakarta, untuk menghadiri gathering (kumpulan) semua angkatan.

Acara digelar di Sekretariat FORMAT di Jalan Karang Bendo Kulon, RT 8 RW IV Banguntapan, Bantul. Didaulat sebagai narasumber, penulis muda yang juga alumnus 2012 Madrasah TBS,  Ferhadz Ammar.

Ari, mewakili pengurus FORMAT Yogyakarta, mengapresiasi terselenggaranya gathering tersebut. Terlebih, acara tersebut juga melibatkan warga setempat, bahkan juga dihadiri pengurus RT, RW dan Kamtibmas.

Ketua RW VIII, Hery Purwanto M.Pd., mengaku baru pertama kali mengetahui ada acara mahasiswa yang melibatkan warga sekitar. “Tolong acara semacam ini dipertahankan dan dikembangkan lagi. Jaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, seperti menyapa ketika bertemu,’’ pesannya.

Ferhadz Ammar, pada kesempatan itu mengisahkan ihwal FORMAT. ‘’FORMAT didirikan bukan untuk menyaingi IKSAB. FORMAT itu ibarat wadah, sedangkan IKSAB adalah institusinya. Jadi FORMAT itu bagian dari IKSAB,’’ ungkapnya.

Mengenai bidang garapan FORMAT, ujarnya, meliputi ranah intelektual,  karya dan pengabdian. ‘’Alumni madrasah TBS tidak semuanya kuliah. Ada pula yang mondok di Yogyakarta. Maka perlu integrasi – perbandingan antara kajian agama dan umum,’’ katanya.

Berdasarkan pengalamannya berkecimpung di FORMAT, Ferhadz berkesimpulan, ada beberapa kewajiban utama seorang santri. ‘’Kewajiban santri adalah sinau (belajar), melahirkan karya-karya, lalu pengabdian,’’ paparnya. (falah/ ros, adb)

Comments