Cendekia Baznas Ma’had Aly TBS Diingatkan Pentingnya Tri Dharma Perguruan Tinggi

0
200
Diskusi dalam mentoring Cendekia Baznas Ma’had Aly TBS Kudus, kemarin

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Para penerima beasiswa Baznas yang akrab disebut Cendekia Baznas dari Ma’had Aly TBS Kudus diingatkan pentingnya para mahasantri memahami tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal itu disampaikan mentor Cendekia Baznas Ma’had Aly TBS Kudus, Rosidi, dalam mentoring yang dilakukan pada Rabu (23/11/2022) sore kemarin. “Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri atas pendidikan (pengajaran), penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Disampaikannya, bahwa para mahasantri, sebagaimana mahasiswa pada umumnya, tidak sekadar berkewajiban belajar (mengaji) saja. “Tugas-tugas lain mahasantri sebagai bagian dari intelektual kampus, juga harus dipenuhi. Yakni penelitian dan pengembangan, juga melakukan pengabdian,” ujarnya.

Maka menurut mentor Cendekia Baznas Ma’had Aly TBS Kudus itu, mahasantri diharapkan memiliki kepekaan dan kepedulian sosial.  “Selain belajar, mahasantri juga harus memiliki kepekaan dan kepedulian sosial,” paparnya.

Untuk itu, Rosidi meminta agar para mahasantri meningkatkan budaya membaca, dan juga melakukan kajian-kajian secara serius, juga melakukan penelitian. “Dengan begitu, maka kapasitas personal mahasantri akan meningkat,” tuturnya. (mail/ ros, adb)

Comments